FOLLOW US:


Peserta Kongres PSSI Akan Diputuskan di Rapat Exco

10-03-2013 07:15
Peserta Kongres PSSI Akan Diputuskan di Rapat Exco
PSSI. Bola.net

Bola.net - Ketua Tim Verifikasi peserta Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, Agus Yasmin, meluruskan kabar miring seputar hasil verifikasi peserta KLB telah rampung.

Agus menegaskan, sangat menyayangkan tersiarnya kabar tersebut dan dipastikannya tidak benar sedikitpun.

Pernyataan yang disampaikan salah satu tim verifikasi, Sefdin Syaifudin Alamsyah tersebut, telah menyalahi kesepakatan bersama yang telah dibuat dan ditandatangani dalam rapat tim verifikasi yang digelar 5 Maret 2013.

Dalam rapat yang dipimpin Ketua Tim Verifikasi, Agus Yasmin, dan dihadiri Togar Manahan Nero (Wakil Ketua), R. Finantha Rudy, Bustami, Maurice Tuguis, Sefdin Syaifudin Alamsyah (Anggota) serta dua tim pengawas dari Menpora Brahmana dan Victor Emanue tersebut, disepakati bahwa peserta KLB yang sudah lolos verifikasi berjumlah 79. Sisanya, 21 peserta lagi yakni 18 Pengprov dan tiga klub masih bermasalah.

"Saya selaku Ketua Tim Verifikasi sangat menyesalkan sikap dan pernyataan yang dilakukan oleh oknum salah satu anggota tim verifikasi. Seyogyanya, semua anggota tidak melangkah atas nama tim demi kepentingan kelompok. Karena, saya selaku Ketua Tim sudah menyampaikan kondisi terakhir dan hasil rapat tim verifikasi kepada Sekjen melalui memo internal," kata Agus Yasmin, Ketua Tim Verifikasi Peserta KLB PSSI Tahun 2013.    

Sesuai kesepakatan bersama tim verifikasi, bahwa sisa pembahasan voters yang belum rampung yakni 18 Pengprov dan tiga klub lainnya akan diserahkan dalam rapat Ketua Umum PSSI dan Komite Eksekutif PSSI untuk diputuskan.

"Tak ada rapat tim verifikasi lagi setelah 5 Maret 2013. Jadi, apa yang berkembang dan tersebar di media massa beberapa hari terakhir adalah bohong," kata Agus Yasmin.

Pernyataan sepihak yang disampaikan salah satu tim verifikasi tersebut, dianggap Agus sangat tidak bertanggung jawab dan menyesatkan. Apalagi, dalam keterangannya tersebut, disampaikan juga nama-nama wakil peserta KLB dari voter yang masih dipersoalkan oleh pihak KPSI.

Pernyataan tersebut merupakan upaya pihak-pihak tertentu yang ingin menggagalkan proses rekonsiliasi yang diamanatkan FIFA maupun AFC dan diupayakan oleh Menpora.  

"Hasil rapat tim verifikasi pada 5 Maret 2013, telah diserahkan ke Sekjen PSSI. Tak ada lagi rapat tim verifikasi setelah itu. Selanjutnya, menunggu langkah teknis Sekjen untuk memediasi rapat pimpinan (Ketum PSSI dan Exco) untuk mengambil keputusan terkait voter bermasalah," kata Agus Yasmin.  

"Keputusan rapat Exco itulah nanti yang akan dijadikan panduan untuk menyampaikan undangan peserta KLB," ujar Agus Yasmin lagi didampingi dua anggota Tim, Bustami dan Finanta Rudy.    

Agus Yasmin juga mengklarifikasi pernyataan salah satu anggota tim verifikasi yang menyebutkan nama definitif peserta KLB seperti Pengprov Jawa Barat diwakili Tony Apriliani dan Pengprov jawa Timur diwakili La Nyalla Mattalitti serta Jawa Tengah diwakili Sukawi Sutarip.

Maklum, berdasarkan surat FIFA terakhir yang disampaikan ke PSSI dan Menpora terkait peserta KLB disebutkan dengan tegas dan gamblang bahwa peserta KLB adalah institusi atau organisasi, bukan perorangan/pribadi sesuai perkembangan terakhir.

"Sekali lagi, pernyataan tersebut diabaikan saja. Itu pernyataan tak bertanggungjawab dan klaim sepihak," kata Agus tegas.

"Exco baru akan menggelar rapat pekan ini terkait voter yang dimasih diperdebatkan. Jadi, amat disayangkan pernyataan sepihak yang berkembang di media massa beberapa hari belakangan. Ini sangat menyesatkan," kata Sihar Sitorus, anggota Exco PSSI.

"Kami berharap, semua bisa menahan diri. Jangan lagi dibuat gaduh," Sihar menambahkan. (esa/atg)