Pinang Joanderson, Persik Kediri Lengkapi Komposisi Pemain Asing

Ari Prayoga | 28 Mei 2022 02:12
Javier Roca saat memimpin latihan Persik Kediri (c) Bola.com/Gatot Susetyo

Bola.net - Persik Kediri akhirnya melengkapi komposisi pemain asing mereka. Macan Putih, julukan Persik Kediri, meminang Joanderson sebagai pemain asing keempat mereka.

Joanderson sendiri merupakan pemain asal Brasil. Pemain 26 tahun ini didatangkan untuk menjadi tukang gedor di lini depan Macan Putih.

Pelatih Persik Kediri, Javier Roca, membeber alasannya memilih Joanderson untuk mengisi satu slot di lini depan timnya. Salah satu alasannya, menurut Roca, adalah rekam jejak Joanderson yang pernah memperkuat tim raksasa asal Brasil, Sao Paulo.

"Latar belakangnya cukup menjanjikan. Saya tahu persis sangat susah mendapatkan satu slot di klub seperti Sao Paulo. Permainan kamu harus benar-benar bagus, usianya juga masih cukup muda," kata Roca, dalam rilis yang didapat redaksi Bola.net.

"Kami berharap ia cepat beradaptasi dan berkomunikasi dengan rekan-rekannya," ia menambahkan.

Dengan bergabungnya Joanderson, aroma Samba di skuad Persik Kediri kian kental. Pasalnya, dua pemain asing non-Asia Persik sebelumnya, Renan Silva dan Arthur Felix, juga berasal dari Negeri Samba tersebut.

Simak artikel selengkapnya di bawah ini.

1 dari 3 halaman

Tekanan Berat

Roca mengaku, tekanan berat sudah pasti akan menggampiri Joanderson. Pasalnya, ia juga akan menggantikan sosok Yousef Ezzejjari, penyerang andalan Persik Kediri musim lalu.

"Siapa pun yang akan menjadi striker Persik Kediri musim ini pasti akan sangat berat mengingat performa bagus Ezzejari musim lalu. Pasti ada tekanan dan itu wajar," kata Roca.

"Karena itu, saya meminta suporter dan pemain lain untuk mendukung Joanderson karena dari sisi permainan akan sangat berbeda," sambungnya.

2 dari 3 halaman

Tak Bebani Joanderson

Lebih lanjut, Roca menegaskan tak akan membebani Joanderson dengan target wajib mencetak gol. Pasalnya, ia melihat, pemain yang pernah memperkuat Timnas Brasil U-17 tersebut lebih banyak memanfaatkan lebar lapangan.

"Selama masih aktif atau menjadi pelatih, saya tidak akan meminta striker untuk terus bikin gol. Karena sepak bola bukan permainan individu. Selama ia mampu membantu tim dan kerja keras di lapangan, itu lebih penting," tegas Roca.

"Filosofi bermain saya juga tidak bergantung kepada satu pemain, tapi ebih bagaimana agar seluruh pemain bisa menyelesaikan taktik strategi yang kita mainkan," ia menambahkan.

3 dari 3 halaman

Tambah Amunisi Lini Belakang

Selain kedatangan Joanderson, Persik juga mendapat tambahan amunisi lain. Sosok amunisi tambahan lain tersebut adalah Fandry Imbiri, yang didatangkan guna menambah kekuatan di lini pertahanan Macan Putih.

"Memang kita masih butuh dan ada satu slot lagi untuk posisi bek tengah. Sejak awal kita mencari pemain yang berpengalaman di Liga 1 dan pilihannya jatuh ke Fandry Imbiri," papar Roca.

"Ia punya teknik untuk membantu membangun serangan dari belakang, sesuai dengan gaya bermain kita yang akan menguatkan penguasaan bola serta aliran bola dari pemain bertahan," tandasnya.

(Bola.net/Dendy Gandakusumah)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR