FOLLOW US:


Polemik Play-Off Khusus Liga 2, LIB Ikuti Aturan Main PSSI

12-10-2017 02:45
Polemik Play-Off Khusus Liga 2, LIB Ikuti Aturan Main PSSI
Tigor Shalomboboy © Fitri Apriani

Bola.net - Keputusan menggelar playoff khusus antara Persewangi Banyuwangi dan PSBK Blitar murni dari PSSI. PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator hanya mengikuti keputusan dari federasi.

Sesuai regulasi awal, PSBK adalah tim yang seharusnya lolos ke playoff Liga 2 Grup H. Pasalnya, mereka mempunyai head to head yang sama dengan Persewangi namun unggul dalam produktivitas gol.

Pada pertemuan pertama, PSBK menang dengan skor 2-0 di Blitar. Pada pertemuan kedua di Banyuwangi, giliran Persewangi yang menang dengan skor 2-1. Akan tetapi, kemudian muncul perbedaan persepsi terkait kelolosan dua tim tersebut.

PSBK lantas tak terima dan mengajukan surat banding kepada PSSI. Pada akhirnya, banding tersebut diterima dan kemudian muncul play-off khusus yang membuat gaduh.

"Kewenangan murni ada di federasi. Kami harus hormati itu keputusan PSSI dan posisi liga menjalankan ini semuanya. Kami  juga berharap dengan ini menjadi sebuah pelajaran ke semuanya bahwa pemahaman regulasi harus dipegang baik-baik," ujar Kepala Operasional PT LIB, Tigor Shalomboboy di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

"Ini awalnya permasalahan head to head yang hitung prosesnya berbeda dan melebar ke mana-mana. Kami juga berharap ini bisa menjadi terakhir dan di tahun berikutnya tidak terjadi lagi. Tapi bicara lagi, ini semua ada kewenangan di federasi,"  sambungnya.
 
Playoff khusus tersebut digelar di Stadion Kanjuruhan, Malang, pada 10 Oktober 2017. Sayangnya, laga tersebut diwarnai banyak adegan kekerasan baik pada sesama pemain maupun wasit. Pertandingan pun dihentikan pada menit ke-88. di mana saat itu PSBK dalam posisi unggul, 1-0. (fit/pra)