FOLLOW US:


Prediksi BRI Liga 1: PSM Makassar vs PSS Sleman 18 November 2021

18-11-2021 08:54

 | Gia Yuda Pradana

Prediksi BRI Liga 1: PSM Makassar vs PSS Sleman 18 November 2021
PSM Makassar di BRI Liga 1 2021/2022 © Bola.net/M Iqbal Ichsan

Bola.net - PSM Makassar dan PSS Sleman akan saling berhadapan pada pekan ke-12 BRI Liga 1 2021/2022, Kamis (18/11/2021). Pertandingan ini akan digelar di Stadion Manahan, Solo.

Pertandingan ini dijadwalkan kick-off pukul 20:30 WIB, siaran langsung di Indosiar dan live streaming di Vidio.

Duel mereka diprediksi sengit. Kedua tim memburu kemenangan dengan misi berbeda. Skuad Juku Eja butuh tiga poin untuk membuka peluang merangsek ke papan atas, sedangkan Elang Jawa ingin meneruskan tren positif sekaligus memantapkan posisi di papan tengah.

PSM saat ini bertengger di peringkat tujuh dengan koleksi 16 poin atau tertinggal tiga angka dari Bali United yang berada di posisi kelima klasemen sementara BRI Liga 1.

Sementara itu, PSS baru saja beranjak dari papan bawah setelah mencetak kemenangan beruntun pada dua laga terakhirnya. Kini, tim asuhan berada di posisi ke-10 dengan 14 poin.

Secara umum, kedua tim sedang berada dalam kondisi baik setelah mendapat waktu istirahat usai menjalani laga ketat di Seri 2. Seperti diungkap Syamsuddin Batola, asisten pelatih PSM kepada awak media Makassar.

"PSS memang tim bagus dan sedang berada dalam kepercayaan diri yang baik. Tapi, tim pelatih sudah menyiapkan strategi untuk mengalahkan mereka," kata Syamsuddin yang berhasil membawa PSM menembus semifinal Piala Menpora 2021 dengan materi pemain lokal.

Pada laga nanti, PSM dipastikan tak diperkuat gelandang Sutanto Tan yang terjerat sanksi akumulasi kartu.

Tim kebanggaan masyarakat Sulawesi Selatan ini juga masih menunggu perkembangan terakhir dua strikernya, Anco Jansen dan Azka Fauzi yang masih dalam proses pemulihan cedera.

Namun, mereka kembali bisa memainkan Erwin Gutawa yang absen ketika PSM dilibas Bhayangkara FC dua gol tanpa balas pada pekan ke-11. Kehadiran Erwin membuat PSM kemungkinan besar kembali memainkan formasi 3-5-2 menghadapi PSS.

Di lini belakang, Erwin akan menemani Serif Hasic dan Hasim Kipuw untuk menjadi benteng kokoh buat Hilman Syah yang berdiri dibawah mistar gawang PSM.

1 dari 4

Beban Anco Jansen

Beban Anco Jansen
BRI Liga 1: Pemain PSM Makassar, Anco Jansen © Bola.net/Ikhwan Yanuar

Meski masih bermasalah pada cedera, Syamsuddin optimistis Anco Jansen dan Azka Fauzi bisa tampil pada laga nanti. Khusus buat Anco Jansen, Seri 3 bakal jadi ajang pertaruhan kariernya di PSM.

Pasalnya, sejak pekan kelima, striker asal Belanda ini tak lagi mencetak gol. Pencapaian minornya ini membuat gerah suporter PSM yang belakangan meminta manajemen segera mendepaknya pada bursa transfer Desember mendatang.

Menariknya, kalau dimainkan, Anco Jansen yang baru mengoleksi 3 gol dalam 11 laga bersama PSM musim ini, akan banyak terlibat duel dengan bek PSS, Aaron Evans, pahlawan PSM ketika meraih gelar juara Piala Indonesia 2018/2019.

Evans yang sebelum ini lebih banyak bermain sebagai gelandang bertahan di PSS diplot menggantikan peran Mario Maslac di posisi bek sentral.

Anco Jansen wajib memanfaatkan umpan terukur rekan senegaranya, Wiljan Pluim yang mendampinginya di lini depan. Sedang dua penyerang sayap Juku Eja, Yacob Sayuri dan Ilham Udin Armaiyn akan berperan ganda pada laga nanti.

Selain harus agresif kala PSM melakukan serangan, keduanya pun harus turun membantu pertahanan saat PSS melakukan tekanan.

2 dari 4

PSS Tanpa Irfan Jaya

PSS Tanpa Irfan Jaya
Pemain PSS Sleman, Irfan Jaya merayakan gol kedua timnya di pekan ke-7 BRI Liga 1 2021/2022 kontra Barito Putera © Bola.net/Bagaskara Lazuardi

Selain Mario Maslac, PSS juga tak diperkuat Irfan Jaya yang sedang membela tim nasional Indonesia pada uji coba di Turki. Pelatih PSS, Dejan Antonic tentu sudah menyiapkan strategi antisipasi.

Dimana peran Maslac sebagai stoper bakal dilakoni oleh Aaron Evans. Sedang posisi Evans di tengah, bisa diisi oleh Fitra Ridwan atau Misbakus Solikin. Sementara Arsyad Yusgiantoro diplot sebagai pengganti Irfan yang beroperasi dari sisi sayap.

Dalam laman PSS, Fitrah Ridwan mengungkapkan ia dan kolega sangat antusiasi menghadapi PSM. Ia pun berambisi mencetak gol jika diberikan kepercayaan mendapatkan menit bermain pada laga nanti.

"Tim pelatih sudah mempersiapkan strategi menghadapi PSM. Sebagai pemain, saya bersama pemain PSS lainnya tinggal menjalankannya," pungkas Fitra Ridwan.

3 dari 4

Perkiraan Susunan Pemain dan Prediksi

Perkiraan Susunan Pemain dan Prediksi
BRI Liga 1: Pelatih PSM Makassar, Milomir Seslija © Bola.net/M Iqbal Ichsan

PSM Makassar (3-5-2): Hilman Syah (kiper), Erwin Gutawa, Serif Hasic, Hasim Kipuw (belakang); Yakob Sayuri, M. Arfan, Fajar Handika, Bektur Talgat, Ilham Udin Armaiyn (tengah), Wiljan Pluim, Anco Jansen (depan).

Pelatih: Milomir Seslija.

PSS Sleman (4-3-3): Miswar Saputra (kiper); Dendi Maulana, Aaron Evans, Fandry Imbiri, Derry Rachman (belakang); Misbakus Solikin, Kim Kurniawan, Juninho (tengah); Arsyad Yusgiantoro, Nemanja Kojic, Irkham Mila (depan).

Pelatih: Dejan Antonic.

Prediksi: 55-45.

4 dari 4

Klasemen Sementara BRI Liga 1 2021/2022

Disadur dari: Bola.com/Abdi Satria/Aryo Atmaja

Published: 18 November 2021