FOLLOW US:


Prediksi PSM Makassar vs Persija Jakarta 20 Oktober 2019

20-10-2019 08:47

 | Gia Yuda Pradana

Prediksi PSM Makassar vs Persija Jakarta 20 Oktober 2019
PSM Makassar vs Persija Jakarta © Bola.net

Bola.net - Persija Jakarta saat ini memang masih terbenam di zona merah. Namun, PSM Makassar tak mau menjadikan itu sebagai acuan saat melawan mereka.

PSM Makassar akan menjamu Persija Jakarta pada pekan ke-23 Shopee Liga 1 2019, Minggu (20/10/2019). Pertandingan ini akan digelar di Stadion Andi Mattalatta Mattoangin.

PSM saat ini berada di peringkat 9 dengan perolehan 30 poin dari 20 pertandingan (M9 S3 K8). Sementara itu, Persija menempati posisi 16 dengan 20 poin dari 20 laga (M4 S8 K8).

Duel PSM Makassar kontra Persija pada empat laga terakhir di pentas Liga 1 selalu berujung sama kuat. Terakhir, keduanya bermain imbang 0-0 pada pertemuan pertama Shopee Liga 1 2019.

Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic, mengingatkan skuatnya agar waspada. Di mata mantan pelatih Roda JC Kerkrade ini, posisi Persija yang berada di zona degradasi tidak bisa dijadikan patokan untuk mengukur kekuatan Macan Kemayoran.

"Dalam sepak bola, apa pun bisa terjadi. Mereka baru saja dikalahkan Semen Padang. Bisa saja Persija bangkit saat menghadapi PSM. Karena situasinya jelas berbeda," ujar Darije.

1 dari 3

Krisis Bek

Menghadapi Persija, Darije dipusingkan dengan keroposnya sektor bek tengah. Abdul Rahman dipastikan absen karena masih bergelut dengan cedera. Sementara, Munhar masih diragukan kebugarannya.

Ironisnya, stoper alternatif, Hasim Kipuw tak bisa dimainkan karena terjerat sanksi kartu merah. Alhasil, opsi terakhir ada pada diri Raphael Maitimo yang sejatinya adalah gelandang. Eks Persib Bandung ini akan berduet dengan Aaron Evans.

Situasi berbeda di sektor bek sayap. Kembalinya Asnawi Mangkualam dan Firza Andika dari Timnas Indonesia U-22 membuat pilihan Darije bertambah.

Beny Wahyudi dan Taufik Hidayat punya kans mendapatkan menit bermain karena dinilai tampil baik saat PSM Makassar melibas Arema FC 6-2, (16/10/2019).

Di lini depan, Darije memberi sinyal mematenkan trio Rezky Eka Pratama, Ferdinand Sinaga, dan Ezra Walian setelah tampil bagus kontra Arema FC. Terutama Ferdinand Sinaga yang mencetak dua gol ke gawang Arema.

Bila hal ini terjadi, maka trio reguler PSM Makassar, M. Rahmat, Amido Balde, dan Zulham Zamrun harus menunggu menit bermain dari bangku cadangan.

2 dari 3

Minus Sejumlah Pilar

Pelatih Persija Jakarta, Edson Tavares bertekad membawa timnya meraih poin. Apalagi pada pertandingan terakhir, tim berjulukan Macan Kemayoran itu dipermalukan Semen Padang 0-1.

Namun, Tavares harap-harap cemas. Pasalnya, Persija kehilangan beberapa pemainnya, termasuk, Ismed Sofyan dan Maman Abdurrahman.

"Kami di sini punya fokus yang berbeda dan perasaan yang berbeda dikarenakan ada beberapa pemain yang tidak ikut. Intinya, tim ini siap meskipun tak ada beberapa pemain," tutur Tavares.

Sebelumnya, pertandingan PSM Makassar dan Persija terancam gagal digelar. Pasalnya, partai tersebut berbarengan dengan pelatikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Belakangan, pertandingan tetap berlangsung sesuai jadwal dan dengan penonton.

"Persija Jakarta tak masalah meski ada penonton atau tidak. Kami sekarang di papan bawah dan kami datang untuk bertanding," tutur pelatih asal Brasil.

3 dari 3

Perkiraan Susunan Pemain dan Prediksi

PSM (4-4-2): Rivky Mokodompit (k); Beny Wahyudi, Aaron Evans, Raphael Maitimo, Tafik Hidayat (b); M. Arfan, Rizky Pellu, Wiljan Pluim, Rizky Eka (t); Ferdinand Sinaga, Ezra Walian (d).

Pelatih: Darije Kalezic.

Persija (4-3-3): Andritany Ardhiyasa (k); Tony Sucipto, Xandao, Fachruddin Aryanto, Rezaldi Hehanussa (b); Sandi Sute, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu (t); Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic (d).

Pelatih: Edson Tavares.

Prediksi: PSM Makassar 55-45 Persija Jakarta.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Muhammad Adiyaksa/Editor Wiwig Prayugi

Published: 20 Oktober 2019