FOLLOW US:


Pro Duta FC Ikuti Turnamen Viareggio Cup di Italia

26-08-2014 16:16
Pro Duta FC Ikuti Turnamen Viareggio Cup di Italia
Pro Duta FC © PDFC

Bola.net - Pro Duta FC tidak hanya fokus mengejar prestasi di pentas Divisi Utama. Melainkan, tetap mengedepankan pembinaan pemain di usia muda.

Karena itu, mereka berencana mengirimkan pemain U-19 ke turnamen Viareggio Cup, Tuscany, Italia, yang bakal digelar pada Februari 2015 mendatang.

"Ini merupakan rangkaian dari implementasi visi dan misi Pro Duta FC. Khususnya, demi memberikan kesempatan pada para pemain muda untuk belajar dengan pengalaman langsung," terang Komisaris PT Pro Duta FC, Sihar Sitorus.

"Kami memilih rute di luar negeri, agar para pemain bisa mengenali diri sendiri. Kemudian, mengetahui hasil level latihan Pro Duta saat menghadapi klub-klub asal Eropa dan sekitarnya," imbuhnya

Dilanjutkannya, guna menatap persiapan tersebut, pihaknya membuka seleksi bagi pemain berbakat di seluruh Indonesia. Seleksi mulai digelar pada bulan September, di lima kota, NTT, Halmahera Sorong, Medan dan Jakarta.

"Pengalaman kami, anak-anak di daerah tertinggal memiliki rasa lapar untuk meraih prestasi. Kami akan membawa mereka menggapai mimpinya," tuturnya.

"Ke depannya, bukan cuma pemain, tapi kami harapkan bisa bermanfaat bagi pelatih. Mereka (pelatih), harus bisa menyerap ilmu dari tim-tim besar," pungkasnya.

Viareggio Cup merupakan salah satu turnamen sepak bola junior yang paling penting di dunia. Turnamen ini resmi diakui CONI, FIGC, UEFA dan FIFA, yang diselenggarakan setiap tahunnya di Viareggio, Tuscany, Italia.

Turnamen ini hanya berlangsung dalam waktu dua minggu dan selesai pada hari Senin terakhir dari Carnival of Viareggio. Karena itu, Viareggio Cup disebut juga sebagai Coppa Carnevale.

Viareggio Cup pertama kali diselenggarakan pada tahun 1949 dan dimenangkan Milan. Setiap tahunnya, turnamen ini juga mengundang tim-tim muda dari klub-klub di seluruh dunia.

Sampai tahun ini, pemegang rekor terbanyak Viareggio adalah AC Milan yang telah menjadi juara selama 9 kali, diikuti Juventus dan Fiorentina (8), dan Internazionale, Torino, serta Dukla Praha (6). (esa/pra)