FOLLOW US:


PSIS Berharap VAR Digunakan di Liga 1 2019

20-03-2019 09:44
PSIS Berharap VAR Digunakan di Liga 1 2019
Psis Semarang © Liga Indonesia ID

Bola.net - Wacana penggunaan teknologi Video Assistant Referee (VAR) pada Liga 1 2019 mendapat dukungan dari PSIS Semarang. Penggunaan VAR diharapkan bisa menunjang kinerja pemimpin pertandingan dan membuat jalannya pertandingan lebih fair.

CEO PSIS, AS Sukawijaya menuturkan, penggunaan VAR untuk Liga 1 sudah cukup mendesak dan harus diberlakukan di kompetisi 2019.

"Pasti, dengan penggunaan VAR, kinerja wasit akan lebih terbantu. Misalnya tidak akan lagi ada protes-protes ini pelanggaran dan penalti atau tidak. Saya rasa teknologi itu perlu dijalankan di sepak bola Indonesia sekarang ini," katanya, Selasa (19/3/2019).

1 dari 3

Manfaat VAR

Pria yang akrab disapa Yoyok Sukawi ini menilai bahwa VAR memiliki manfaat cukup besar. Terutama untuk mengurangi potensi gesekan yang biasanya terjadi karena keputusan wasit yang dianggap kontroversial.

"Langkah ini (penggunaan VAR) juga sebagai langkah memperbaiki citra sepak bola Indonesia. Artinya, diharapkan jalannya kompetisi anti akan lebih bersih dan fair," imbuh Yoyok.

2 dari 3

Digunakan di Eropa

Teknologi VAR saat ini banyak digunakan dalam kompetisi sepak bola benua Eropa seperti Italia, Prancis, Spanyol, bahkan Liga Champions Eropa. Sementara negara pertama di Asia Tenggara yang menggunakan VAR adalah Thailand. Mereka sudah menggunakan teknologi ini sejak musim 2018.

3 dari 3

Highlights Piala Presiden 2019, PSIS Vs PSM 1-0

Berita video highlights Piala Presiden 2019 antara PSIS Semarang melawan PSM Makassar yang berakhir dengan skor 1-0, Sabtu (16/3/2019).

Sumber: Bola.com