FOLLOW US:


PSM Terancam Belum Bisa Mainkan Roman Chmelo di IIC 2014

03-01-2014 19:48

 | Roman Chemelo

PSM Terancam Belum Bisa Mainkan Roman Chmelo di IIC 2014
Roman Chmelo © Widojo
Bola.netBola.net - Pemain asing yang baru didatangkan PSM Makassar, Roman Chmelo, belum bisa dimaksimalkan pada Inter Island Cup (IIC) 2014. Di kompetisi pra ISL tersebut, PSM masuk zona Papua dan Sulawesi bersama Persipura Jayapura, Perseru Serui, dan Persiram Raja Ampat dan bertanding di Stadion Mandala Jayapura.

Meski sudah melakoni latihan bersama PSM, Roman belum kembali pada performa terbaiknya. Pemain asal Slovakia ini masih dalam tahap peningkatan stamina untuk bisa membela skuad Juku Eja di kompetisi Indonesia Super League (ISL) Februari mendatang.

Saat tim pelatih fisik melakukan uji VO2Max untuk ketahanan fisik para pemain, Roman mendapat nilai paling rendah. Hal itu dikarenakan Roman belum genap dua pekan melakukan latihan secara rutin setelah hampir dua bulan dia tidak melakukan aktivitas apapun.

Pelatih PSM, Jorg Peter Steinebrunner, mengungkapkan, memang saat ini kondisi Roman sudah ada perkembangan untuk kebugarannya. Namun Jorg mengatakan tetap akan memainkan Roman.

"Roman akan ikut ke Papua. Saya ingin dia bermain di pertandingan nanti. Tetapi kita akan lihat dan memantau kondisi fisiknya. Karena dia harus terus meningkatkan kekuatan fisiknya," ujar Jorg.

"Dia (Roman) mungkin bisa main 45 menit saat di IIC nantinya," kata Jorg.

Roman memang belum dalam level kesiapan fisik yang seharusnya karena baru saja bergabung di tim selama 2 pekan. Namun, Jorg optimis Roman akan mencapai level yang di inginkan tim pelatih sebelum ISL dimulai.

"Kami dari tim pelatih yakin dia akan segera mencapai level yang di inginkan. Karena perkembangan Roman cukup cepat," tambahnya.

Selain itu, sebelumnya Roman juga mengalami masalah sedikit pada kakinya pasca melakukan latihan ketahanan fisik di lapangan Karebosi. Kakinya sedikit melepuh karena kepanasan menggunakan sepatu.

"Tapi sekarang sudah kering, kemarin itu hanya melepuh karena kepanasan," kata Rusdi Bahalwan, tim medis PSM.

Roman yang belum sempat dimainkan di East Java Tournament Desember 2013 lalu, berharap kondisinya terus meningkat sebelum ISL dimulai.

"Saya terus berusaha meningkatkan kondisi khususnya fisik. Salah satunya dengan menjalankan program fitness dari pelatih fisik. Semoga sudah siap sebelum ISL," ujar mantan pilar Arema tersebut