FOLLOW US:


PSSI Akan Panggil Wasit Laga Bhayangkara FC Vs PSM Nusur Fadilah

04-05-2019 19:27
PSSI Akan Panggil Wasit Laga Bhayangkara FC Vs PSM Nusur Fadilah
PSSI © Fitri Apriani

Bola.net - Saat ini wasit Nusur Fadilah tengah menjadi sorotan. Hal itu tak lepas dari keputusan kontroversialnya pada laga PSM Makassar versus Bhayangkara FC di leg kedua babak delapan besar Piala Indonesia 2018/2019.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Andi Mattalatta, Makassar, Jumat (3/5), Nusur tidak mengesahkan gol hasil tendangan bebas pemain Bhayangkara FC, Anderson Salles. Padahal jika dilihat dari tayangan ulang, bola sudah melewati garis gawang.

Terkait hal tersebut, PSSI akan menggelar evaluasi dan melakukan investigasi. Federasi sepak bola di Tanah Air itu tak akan mentolerir setiap pelanggaran peraturan permainan.

“Kami akan mengumpulkan laporan teknis dari penilai wasit (referee assessor PSSI) dan dari wasit serta asisten wasit itu sendiri. Kita akan analisa kondisi kesehatan dan kebugarannya, penerapan pasal-pasal permainan, pengambilan keputusan selama pertandingan dan cara mereka membaca situasi pertandingan,” ujar anggota Komite Wasit PSSI, Purwanto dalam rilis yang diterima Bola.net, Sabtu (4/5).

Baca halaman berikutnya ya Bolaneters

1 dari 1

Dalami Pelanggaran Pasal 10 dan 12

Selain itu, PSSI juga akan mengirim rekaman pertandingan ke Asosiasi sepak bola Jepang (Japan Football Association/JFA). Adapun, JFA merupakan mitra PSSI dalam melakukan penilaian terhadap kinerja perangkat pertandingan.

“Dalam pertandingan PSM Makassar vs Bhayangkara, secara khusus kita akan mendalami dugaan pelanggaran peraturan permainan pasal 10 dan pasal 12,” kata Purwanto.

PSSI juga sudah mengagendakan pemanggilan perangkat pertandingan. Kalau memang perangkat pertandingan menyalahi pasal permainan, maka mereka tidak akan ditugaskan lagi di Piala Indonesia.

"Termasuk juga evaluasi tugas mereka untuk bisa memimpin Liga 1. Bahkan kalau kesalahan yang mereka lakukan sangat mendasar, maka penugasan mereka bisa didegradasi ke Liga 2. Hal-hal ini juga nantinya akan menjadi job desk Badan Independen Wasit Profesional Indonesia yang telah dibentuk PSSI," imbuhnya.