FOLLOW US:


PSSI Eliminasi Klub ISL Bermasalah

23-12-2013 14:52
PSSI Eliminasi Klub ISL Bermasalah
Indonesia Super League
Bola.net - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan mengumumkan hasil verifikasi peserta kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2014, di Kantor PT Liga Indonesia (PT LI), Gedung Rasuna, Kuningan, Jakarta, Senin (23/12) pukul 17.00 WIB.

Hanya saja, 22 klub sementara yang sudah dinyatakan lolos, tetap tidak akan tergantikan. Sebab, verifikasi yang dinilai penuh Kontroversi tersebut, tidak akan ada perubahan dari sisi jumlah peserta.

Karena itu, proses banding yang diajukan Perseman Manokwari, Persepar Palangkaraya, maupun Pro Duta FC Medan, tidak akan mengubah apapun.

Ketua Komite Kompetisi PSSI, Erwin Dwi Budiawan, mengatakan jika proses banding hanya diterima bagi klub yang ingin mendapatkan lisensi. Bahkan, Erwin mempertanyakan pendapat yang meragukan hasil verifikasi oleh Komite Eksekutif (Exco) PSSI terutama untuk klub Indonesian Premier League (IPL).

"Proses banding yang diajukan klub-klub kepada Komite Banding, tidak akan mengubah daftar peserta sementara. Banding hanya berlaku untuk klub yang diputuskan tidak mendapat lisensi. Bukan untuk membanding keputusan Exco terkait peserta kompetisi," ungkap Erwin Dwi Budiawan.

"Keputusan 22 peserta sementara kompetisi yang sudah diambil Exco PSSI, sudah bulat. Karena kompetisi harus berputar, maka mau tidak mau harus ada jalan menentukan peserta kompetisi yang sudah disepakati Exco," tandasnya.

Dipilihnya aspek infrastruktur dan finansial, ditegaskannya, menjadi dasar ditentukannya 22 klub lolos tersebut menjadi cukup beralasan. Selain infrastruktur yang memang dapat mempengaruhi kualitas dan integritas kompetisi, finansial juga menjadi sorotan seiring masih banyaknya klub yang memiliki tunggakan.

"22 klub tersebut masih lolos sementara. Kalau dari mereka ada yang dinyatakan bermasalah finansial tidak bisa menyelesaikan masalahnya, maka otomatis jumlah klub akan berkurang," tukasnya.

Lebih jauh Erwin menegaskan, untuk pengumuman peserta kompetisi yang fix sudah diputuskan digelar pasca deadline laporan penyelesaian masalah finansial klub pada 20 Desember. Setelah itu, format satu atau dua wilayah, akan mengikuti berapa jumlah peserta, yang lolos dari masalah. (esa/pra)