FOLLOW US:


PSSI Pakai Wasit Asing di Kompetisi 2017

22-12-2016 20:27
PSSI Pakai Wasit Asing di Kompetisi 2017
Joko Driyono © Fitri Apriani

Bola.net - PSSI terus berupaya memperbaiki kualitas kompetisi resmi untuk musim depan. Salah satu caranya adalah dengan menugaskan wasit asing memimpin sejumlah pertandingan di kompetisi tersebut.

Wacana tentang penggunaan wasit asing tersebut sudah lama didengung-dengungkan oleh banyak pihak. Meski demikian, usulan itu juga menuai banyak pro dan kontra.

Namun pada akhirnya, PSSI di era kepemimpinan Edy Rahmayadi ini akhirnya setuju dengan usulan penggunaan wasit asing tersebut. Langkah itu mereka lakukan tak lain agar kualitas kompetisi di Indonesia bisa menjadi lebih baik lagi.

"Operator liga ingin agar saat sudah normal, PSSI bisa legitimasi dengan federasi internasional untuk bisa menggunakan wasit asing sekitar 10-15 persen (dari total wasit yang bertugas di liga). Bukannya kita tidak percaya sama wasit lokal. Tapi harus kita akui, kita tertinggal dalam urusan referee development," ujar Wakil Ketua PSSI, Joko Driyono.

Dengan jumlah wasit asing yang tak terlalu banyak, itu artinya tak semua pertandingan akan dipimpin oleh wasit-wasit itu. Ditegaskannya, hanya akan ada sekitar dua pertandingan saja di tiap minggunya yang akan dipimpin oleh para wasit tersebut.

"Wasit asing 10-15 persen berarti dua pertandingan setiap minggu. Untuk pemilihan wasit nanti adalah kewenangan PSSI," tutupnya. (fit/asa)