FOLLOW US:


PSSI Sumsel dan Specs Gelar Kompetisi U-15

11-08-2010 17:59


Bola.net - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia Provinsi Sumatera Selatan bekerja sama dengan produk olahraga Specs menggelar Liga Under-15, di Palembang, September-Oktober 2010.

Ketua Bidang Pembinaan Usia Muda Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Rusdi Alam mengatakan di Palembang, Rabu, liga ini akan berlangsung kurang lebih 1,5 bulan dengan menerapkan sistem pertandingan setengah kompetisi.

"Ajang ini hanya diikuti 15 tim yang merupakan perwakilan dari 15 kabupaten/kota di Sumsel. Tim yang terpilih ikut serta adalah tim yang sudah diseleksi oleh PSSI setempat," kata dia.

Dia mengatakan, ajang ini digelar untuk menjaring atlet-atlet muda berbakat untuk dibina secara intensif oleh PSSI Sumsel.

"PSSI Sumsel memiliki program jangka panjang, yakni menyiapkan sebuah tim andalan yang dapat dijadikan wakil daerah di setiap ajang level nasional seperti Pekan Olahraga Nasional, Pekan Olahraga Pelajar Nasional, dan Piala Menpora," ujar dia.

Untuk itu, selain menggelar Liga itu, PSSI Sumsel juga telah menyiapkan beberapa agenda kompetisi lainnya dengan menggaet instansi pemerintah dan swasta sebagai penyandang dana.

"Di tahun ini saja kami memiliki tiga agenda untuk pesepakbola usia muda dari tingkat U-12 hingga U-17, dan tahun-tahun berikutnya akan diperbanyak lagi guna meningkatkan semangat kabupaten/kota dalam mencetak atlet," ucap dia.

Dia menambahkan, sementara ini, hanya dua kabupaten di Sumsel yakni Kabupaten Musi Banyuasin dan Kabupaten Musi Banyuasin yang terbilang aktif dalam melakukan pembinaan terhadap pesepakbola usia muda.

"Rata-rata atlet-atlet sepak bola berbakat Sumsel terlahir dari dua kabupaten itu. Muba dengan sekolah sepak bolanya, SYSA berhasil mencetak puluhan atlet berbakat, sementara Banyuasin kerap kali melahirkan atlet handal kompetisi yang dilakukan secara berkesinambungan," kata dia. (ant/den)