FOLLOW US:


PSSI Tunggu Laporan AFC Soal Kuota Klub di Kompetisi Asia

13-11-2017 18:12
PSSI Tunggu Laporan AFC Soal Kuota Klub di Kompetisi Asia
Joko Driyono © Fitri Apriani

Bola.net - PSSI belum bisa memastikan tim mana yang akan berlaga di kompetisi level Asia musim depan. Pasalnya, federasi sepakbola di Indonesia itu masih harus menunggu pemberitahuan dari Federasi Sepakbola Asia [AFC].

Untuk musim 2018, Indonesia mendapat jatah tiga tim yang bisa berlaga di pentas Asia. Bhayangkara FC yang menjadi juara di kompetisi Liga 1 musim 2017 berhak untuk terjun di Playoff Liga Champions Asia.

Sementara tim yang ada di posisi kedua dan ketiga yakni Bali United dan PSM Makassar berhak berlaga di Piala AFC. Akan tetapi, Bhayangkara FC dan PSM terancam tidak lolos ke Asia karena tak mengantongi lisensi klub pro AFC.

Terkait hal itu, Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono buka suara. Menurutnya, tim-tim yang lolos ke Asia baru akan diketahui setelah laporan lengkap kompetisi Liga 1 dari PSSI dikaji oleh AFC.

"Kami akan report inilah peringkatnya, kemudian inilah klub-klub yang mendapatkan lisensinya. AFC akan desain dua hal, yaitu kuota dan kemudian klubnya siapa. AFC punya tahapan, nanti Komite Excecutive AFC akan meeting, itu menyangkut masalah kuota,"  ujar Joko.

"Setelah itu diturunkan di departemen kompetisi AFC untuk memastikan siapa perwakilan dari kami," sambungnya.

Sementara itu, saat disinggung apakah bisa jadi ada perubahan kuota dari AFC, Jokdri mengaku tidak tahu. Sebab, keputusan itu baru bisa dihasilkan setelah adanya rapat Exco AFC, yang rencananya akan digelar pada tanggal 29 dan 30 November 2017.

Namun Jokdri menambahkan, keputusan untuk mengubah kuota tim dari suatu negara membutuhkan banyak perhitungan. Salah satunya dari raihan prestasi tim nasional negara yang bersangkutan.

"Assessment AFC selalu mengkaitkan dari performa masing-negara negara, liga, dan ditambahkan dengan kinerja tim nasionalnya. Itu syarat garis besar itulah yang diukur oleh AFC," tandasnya. (fit/asa)