FOLLOW US:


PSSI Ubah ISL Jadi Liga 1

20-01-2017 23:01
PSSI Ubah ISL Jadi Liga 1
Ade Wellington © Fitri Apriani

Bola.net - Musim 2017, kompetisi sepakbola di Indonesia akan mengalami perubahan nama. Jika sebelumnya diberi nama Indonesian Super League (ISL), maka pada kompetisi mendatang berubah menjadi Liga 1.

Penamaan ISL sendiri pertama kali muncul pada 2008 silam. Nama tersebut terus digunakan oleh PT Liga Indonesia, selaku operator resmi kompetisi Indonesia sampai 2015 lalu sebelum berhenti di tengah jalan karena force majeure.

Setelah sempat vakum pada tahun 2016, kompetisi resmi yang bergulir di bawah naungan federasi kembali bergeliat. Namun, ada sedikit yang berubah di kompetisi strata tinggi Indonesia itu.

Hal itu terjadi setelah PSSI menetapkan bahwa nama ISL tak akan lagi dipakai di kompetisi kasta tertinggi. Perubahan nama itu juga mencakup kasta-kasta di bawahnya.

"Untuk kompetisi musim depan operatornya belum ditentukan. Tapi untuk nama, kita akan memakai Liga 1 (sebelumnya ISL), Liga 2 (sebelumnya Divisi Utama), dan Liga 3 (sebelumnya Liga Nusantara)," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ade Wellington.

Selain soal penamaan, PSSI sebelumnya juga mengubah regulasi. Salah satunya, pembatasan usia pemain yang akan tampil di Liga 1 dan juga mengurangi kuota pemain asing. (fit/asa)