FOLLOW US:


PT LI: PBR, PSM, dan Persebaya Punya Utang Dengan Nilai Signifikan

13-01-2015 04:55
PT LI: PBR, PSM, dan Persebaya Punya Utang Dengan Nilai Signifikan
Joko Driyono. © esa
Bola.netBola.net - PT Liga Indonesia (PT LI) sudah menyebutkan bahwa kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim 2015, hanya akan diikuti sebanyak 18 klub. Sebab, bakal tidak tampilnya Persik Kediri dan Persiwa Wamena.

Namun, hanya terdapat sebanyak 12 klub yang layak tampil di kompetisi ISL musim 2015. Hal tersebut, disampaikan Joko Driyono, usai pihaknya melakukan rapat pleno di Kantor PT LI, Kuningan, Jakarta, Senin (12/1).

Dalam rapat pleno tersebut, manajemen PT LI berpatokan pada kerja tim verifikasi yang telah bekerja sejak 23 Desember. Ada dua poin yang menjadi fokus verifikasi, yaitu finansial dan infrastruktur.

Sebanyak ke-12 klub yang dimaksud adalah Persib, Perseru, Mitra Kukar, Semen Padang, Persiram, Bali United Pusam, PBFC, Persiba Balikpapan, Persipura, Sriwijaya FC, Barito Putera, dan Persela Lamongan.

Sementara enam klub lainnya, masih harus terus didalami. Keenam klub tersebut, adalah PBR, PSM Makassar, Persebaya, Persija, Arema, dan Gresik United.

"PT LI perlu melakukan pendalaman tambahan kepada enam klub tersebut dan akan dipanggil dalam waktu dekat. Ada klub yang punya utang dengan nilai signifikan dan kami catat yaitu PBR, PSM, dan Persebaya. Ada catatan kaitan dengan utang yang masih tanda tanya, tapi tak signifikan dari Persija dan Arema," ujar Joko Driyono.

"Ada tambahan catatan lain dan kami butuh pendalaman lagi terkait proyeksi pembiayaan mereka tahun 2015. Sebut saja Persija. Proyeksi mereka sampai Rp50 miliar. Kemudian PBR Rp26 M, Arema Rp66 M, PSM Makassar Rp27 M. Proyeksi pendapatan perlu dilakukan penajaman agar betul-betul ditingkatkan kualitas konfirmasinya," pungkasnya.