FOLLOW US:


PT LIB Acuhkan Wacana Liga 1 Tanpa Degradasi

07-08-2017 18:18
PT LIB Acuhkan Wacana Liga 1 Tanpa Degradasi
Persegres Gresik United © Dani Wardhana

Bola.net - Belakang ini muncul wacana agar kompetisi Liga 1 musim 2017 tidak mengimplementasikan sistem degradasi. Akan tetapi, wacana itu tidak mendapatkan tanggapan positif dari PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator.

Wacana itu sendiri muncul pada pertemuan informal para manajer klub di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta, Kamis (3/8/2017) lalu. Wacana tersebut muncul karena melihat banyak laga di Liga 1 yang berjalan tidak sesuai dengan aturan yang telah disepakati.

Contohnya terkait jadwal tandang ataupun kandang klub Persiba Balikpapan. Begitu pula dengan klub Perseru Serui.

"Kita sih berpatokan sama manager meeting yang resmi ya. Dimana di manager meeting itu tidak ada sedikitpun pembicaraan masalah mengenai degradasi dan promosi," ujar CEO PT LIB, Risha Adi Wijaya kepada Bola.net, Senin (7/8/2017).

"Peraturannya jelas bahwa di Liga 1 posisi 16,17,18 akan terdegradasi ke Liga 2. Termasuk sebaliknya posisi 1,2, dan 3 di Liga 2 akan naik ke Liga 1," sambungnya.

Selain itu, wacana tersebut juga muncul karena adanya aturan terkait penggunaan pemain U-23. Yang dimana klub-klub sudah mematuhi aturan tersebut, namun tiba-tiba aturan itu ditangguhkan.

Hal itulah yang membuat para manajer klub merasa tidak adil apabila sistem degradasi dilaksanakan, namun kompetisi sendiri berjalan tidak adil akibat peraturan yang kerap berubah.