PT LIB Ralat Berita Izin Liga 1 Sudah Keluar, Ternyata Izinnya Masih Diproses

Serafin Unus Pasi | 3 Desember 2022 21:14
PT LIB Ralat Berita Izin Liga 1 Sudah Keluar, Ternyata Izinnya Masih Diproses
BRI Liga 1 (c) Bola.com/Adreanus Titus

Bola.net - PT Liga Indonesia Baru (LIB) menghapus berita yang berjudul 'Rekomendasi Turun, Liga 1 2022/2023 Bisa Dilanjutkan' yang tayang di situs ligaindonesiabaru.com pada Jumat (2/12/2022) malam WIB.

Sejak Sabtu (3/12) pagi WIB, berita itu menghilang dari situs LIB. Operator Liga 1 itu lalu menggantinya dengan berita baru yang berjudul 'Izin Kelanjutan Liga 1 2022/2023 dalam Proses Akhir' pada Sabtu (3/12) pukul 19.22 WIB.

Bila sebelumnya LIB menuliskan bahwa "pihak kepolisian setempat akhirnya mengeluarkan izin untuk dilanjutkannya kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia tersebut", kali ini tidak. Narasi yang ditampilkan justru sebaliknya.

LIB mengisyaratkan bahwa izin dari Kepolisian belum turun untuk melanjutkan Liga 1 pada 5 Desember 2022 secara bubble di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Saat ini, proses perizinan dan rekomendasi dari pihak kepolisian terus kami lakukan secara intensif," ujar Direktur Utama (Dirut) LIB, Ferry Paulus, disadur dari laman LIB.

"Rekomendasi dan perizinan yang dimaksud mulai dari Polsek, Polres, Polda, sampai dengan Mabes Polri. Kami patuh dan taat terhadap izin dan ketentuan yang ada," katanya menambahkan.

1 dari 2 halaman

Tim dari Polri dan Kementerian PUPR

LIB mengungkapkan bahwa tim Mabes Polri dan Kementerian PUPR telah mengirimkan tim khusus untuk meninjau secara langsung lima stadion yang akan digunakan dalam kelanjutan Liga 1.

Kelima stadion itu ialah Sultan Agung (Bantul), Maguwoharjo (Sleman), Moch Soebroto (Magelang), Manahan (Solo) dan Jatidiri (Semarang).

LIB mengabarkan bahwa tujuan kedatangan tim khusus Mabes Polri untuk memastikan sistem manajemen pengamanan, dalam penilaian risiko sesuai dengan Peraturan Polri (Perpol) No. 10 Tahun 2022. Sedangkan dari tim PUPR memastikan kelayakan stadion.

2 dari 2 halaman

Ajukan Izin

Setelah mempertimbangkan kondisi semua kontestan Liga 1, LIB mengajukan perizinan. Dalam perizinan itu diinformasikan bahwa untuk putaran pertama dimulai pada 5 Desember 2022 dan berakhir pada akhir bulan ini.

Dalam ketentuan Perpol Nomor 10 Tahun 2022 tentang Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga mengamanatkan bahwa mekanisme perizinan saat ini adalah per pertandingan dan dilaksanakan secara struktural mulai dari Polsek, Polres, Polda, dan Mabes Polri.

Jadwal untuk sisa putaran pertama Liga 1 2022/2023 mulai dari pekan ke-12 hingga pekan ke-17 juga sudah didapatkan oleh para peserta.

(Bola.net/Fitri Apriani)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR