FOLLOW US:


Rahmat Harus Istirahat 2 Bulan

08-01-2013 21:44

 | Rahmat

Rahmat Harus Istirahat 2 Bulan
Rahmat Apriani Landa
Bola.net -
Stiker PSM Makassar, M Rahmat, menjalani operasi perbaikan meniscus di lututnya yang robek di RS Wahidin Sudirohusdo, Selasa (8/1) sore. Dokter Muhammad Sakti yang melakukan pembedahan mengatakan bahwa proses operasinya berjalan lancar meski sempat kesulitan karena keterbatasan alat serta kondisi cedera Rahmat yang tergolong akut.

Meniscus-nya robek dan itu tergolong parah. Mungkin cedera itu sudah lama tapi dipaksakan terus main. Itu yang bikin dia tidak bisa maksimal saat lari dan pelatih menyadari jika hal itu bisa menganggu kariernya ke depan,” kata dr Sakti.

Menurut dokter spesialis ortopedi, Sub Spesialis Sport Injury itu, Rahmat baru bisa main bola lagi sekitar dua bulan. Itu pun jika Rahmat mengikuti protokoler yang diberikan kepadanya.

“Proses penyembuhannya memiliki beberapa tahapan. Misalnya, dalam waktu beberapa minggu latihan bersepeda. Sebaiknya, selama proses penyembuhan ini, tidak melakukan latihan berat. Jika semua protokoler dijalani dengan baik, Rahmat bisa main bola lagi dalam dua bulan mendatang,” katanya.

“Pelatih Petar sempat kaget dan mengatakan apakah itu bisa dipercepat. Tapi, saya katakan bahwa cedera meniscus itu memang paling cepat kembali ke lapangan adalah dua bulan. Petar juga paham dan dia tidak ingin memaksakan Rahmat untuk bermain cepat, agar cederanya tidak makin parah,” ujar dr Sakti.

Dengan vonis dokter yang melarangnya merumput selama dua bulan ini, berarti Rahmat tidak bisa mengikuti seleksi timnas yang sudah berjalan sejak 7 Januari lalu di Medan. Rahmat juga dipastikan absen dalam laga perdana PSM di ajang IPL nantinya.

Rahmat yang harus menjalani rawat inap di RS Wahidin mengatakan bahwa kondisinya sudah stabil pasca operasi. Ia berharap segera pulih sehingga bisa memperkuat PSM lagi.