FOLLOW US:


Respon PSSI Terkait Usulan Perubahan Format Kompetisi

14-11-2017 17:06
Respon PSSI Terkait Usulan Perubahan Format Kompetisi
Joko Driyono © Fitri Apriani

Bola.net - PSSI tak ingin ada spekulasi berlebihan mengenai usulan perubahan format kompetisi Liga 1 musim 2018, termasuk kemungkinan format dua wilayah. Hal tersebut ditegaskan oleh Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono.

Sebelumnya, sempat muncul usulan agar format kompetisi Liga 1 musim depan diganti. Jadi untuk musim depan, Liga 1 diharap bisa diikuti oleh 24 tim yang dibagi ke dalam dua wilayah. Berbeda dengan musim ini yang memakai satu wilayah saja.

Usulan itu muncul dari pihak Semen Padang. Namun, Joko menyatakan bahwa sampai saat ini tak ada rencana dari PSSI untuk mengubah format kompetisi.

"Peraturan adalah peraturan dan klasemen akhir dari kompetisi juga sudah selesai dan itu yang jadi referensi," ujar Joko.

"Keputusan lain tidak dalam kewenangan apapun yang ada di PSSI per hari ini. Kecuali kongres nanti ada menerima usulan atau apapun. Mudah-mudahan tidak ada spekulasi yang berlebihan terhadap hal itu," sambung pria yang akrab disapa Jokdri ini.

Usulan itu sendiri muncul setelah Semen Padang terdegradasi. Usulan yang diajukan oleh CEO Semen Padang, Iskandar Z Lubis itu dimaksudkan agar musim depan mereka tak harus terdegradasi ke Liga 2.

Pada kompetisi tahun 2017, Semen Padang hanya bisa menduduki posisi 16 klasemen akhir Liga 1. Tim berjuluk Kabau Sirah itu hanya sanggup meraih 35 poin, berselisih dua poin dari Perseru Serui yang ada di posisi 15. (fit/asa)