FOLLOW US:


Review: Arema Penguasa Jawa Timur

24-12-2013 17:04

 | Samsul Arif

Review: Arema Penguasa Jawa Timur
Samsul Arif taklukkan Persebaya © wearemania
Bola.netBola.net - Arema Cronus akhirnya mengakhiri rasa dahaganya di turnamen Piala Gubernur Jatim 2013. Untuk kali pertama, tim berjuluk Singo Edan ini menjadi kampiun. Ahmad Bustomi dan kawan-kawan menaklukkan Persebaya Surabaya dengan skor tipis 1-0, Selasa (24/12) sore di Stadion AAL Bumimoro, Surabaya.

Bermain menekan sejak menit pertama, Arema mengendalikan permainan hingga 10 menit awal babak pertama. Peluang perdana pasukan Suharno lahir di menit ke-16 lewat Gustavo Lopez. Sayang sepakan lambungnya digagalkan mistar gawang. Pun demikian dengan tendangan kaki kiri Cristian Gonzales yang masih tipis di kanan gawang, menit ke-18.

Gol untuk Singo Edan akhirnya lahir di menit ke-19. Berawal dari kerjasama Cristian Gonzales dan Alberto Goncalves, sodoran matang dari nama terakhir mampu dimaksimalkan oleh Samsul Arif lewat tendangan keras yang gagal ditepis kiper Persebaya, Jendry Pitoy. Tertinggal satu gol memacu semangat Persebaya untuk menyamakan kedudukan. Greg Nwokolo dan kawan-kawan berusaha untuk keluar dari tekanan Singo Edan.

Peluang didapat Greg Nwokolo menit ke-22. Namun bola masih melambung. Emmanuel 'Pacho' Kenmogne membuang kesempatan yang ia peroleh di menit ke-27. Terlalu terburu-buru, tendangan eks Persija melenceng jauh. Setelah setengah jam pertandingan bergulir, kendali kembali ke tangan Arema.

Dua peluang didapat Gonzales dan Samsul Arif. Namun belum berujung gol. Hingga turun minum, skor masih 1-0 untuk Arema. Babak kedua berlangsung panas dan menjurus keras. Sering kali pemain kedua tim terpancing emosi sehingga menjurus pada pelanggaran.

Beto Goncalves membuka kran kesempatan Arema di menit ke-52 meneruskan umpan Juan Revi. Sayang tendangannya tak terarah dan melenceng ke kanan gawang. Bersama Gonzales dan Gustavo, Beto acap kali mengacak-acak pertahanan Persebaya. Tapi hingga menit ke-70, skor masih 1-0 untuk keunggulan Arema Cronus.

Masuk menit ke-82, Gonzales melepaskan tendangan percobaan dari luar kotak penalti. Sayang bola melambung. Permainan keras mewarnai lima menit menjelang waktu normal usai. Skor 1-0 bertahan hingga pluit panjang. Arema pun berhak menyandang predikat juara Piala Gubernur Jatim 2013.