FOLLOW US:


Review: Bekuk Persegres, Arema Cronus ke Final Piala Gubernur

22-12-2013 17:56

 | Cristian Gonzales

Review: Bekuk Persegres, Arema Cronus ke Final Piala Gubernur
Arema tantang Persebaya di final Piala Gubernur Jatim 2013. © PGJ
Bola.net - Arema Cronus memastikan diri lolos ke partai puncak Piala Gubernur Jawa Timur 2013. Di Semifinal, yang dihelat di Stadion Kanjuruhan Malang, Minggu (22/12), Ahmad Bustomi dan kawan-kawan menaklukkan Persegres Gresik dengan skor 4-2.

Tampil di hadapan pendukungnya, Arema Cronus langsung menggebrak begitu laga dimulai. Laga belum genap berjalan dua menit ketika kerjasama Beto Goncalves dan Cristian Gonzales merepotkan barisan belakang Persegres.

Sementara, mengandalkan serangan balik, Laskar Joko Samudro coba keluar dari tekanan. Namun peluang Reza Mustofa di menit 2 masih bisa dipatahkan Kiper Arema, Ahmad Kurniawan.

Tiga menit berselang, giliran Jimmy Suparno yang menguji kesigapan AK, sapaan karib Ahmad Kurniawan. Lagi-lagi AK berhasil menepis bola yang mengarah ke gawangnya.

Beberapa kali terancam serangan balik Persegres, Arema tak mengendorkan serangan. Menit ke-9 gelombang serbuan mereka nyaris berbuah gol. Namun Sukasto Effendi masih bisa meninju bola sepakan I Gede Sukadana.

Menit 13, Arema akhirnya berhasil memecah kebuntuan. Sundulan Cristian Gonzales di mulut gawang Persegres, memanfaatkan umpan silang Beto, tak bisa diantisipasi Sukasto Effendi.

Empat menit berjalan, giliran Gustavo Lopes membahayakan gawang Persegres. Namun, sepakannya kali ini masih tipis melenceng dari gawang Sukasto. Beto membuang peluang emas untuk menggandakan keunggulan Arema di menit 22. Sepakannya melambung tinggi di atas mistar gawang Persegres.

Lima menit kemudian giliran usaha Samsul Arif yang harus kandas. Sepakan first time-nya, menerima umpan Alfarizi, masih ditepis Sukasto Effendi.

Asyik menyerang, gawang Arema harus bobol melalui serangan balik cepat Persegres. Aksi Reza Mustofa menit ke-32 gagal dihadang barisan belakang dan penjaga gawang Arema.

Kebobolan, Arema berupaya bangkit. Serangan demi serangan mereka gencarkan ke pertahanan Persegres. Upaya ini akhirnya berhasil menit 39. Memanfaatkan kemelut di kotak penalti Persegres, Cristian Gonzales sukses menceploskan bola ke gawang Persegres.

Kembali unggul satu gol tak membuat penggawa Arema puas. Mereka terus berupaya menggempur pertahanan Persegres. Namun, sampai babak pertama usai, tak ada tambahan gol tercipta.

Di babak kedua, Arema melanjutkan serbuan mereka. Hal ini berbuah manis ketika laga belum genap berjalan dua menit. Sundulan Alfarizi, memanfaatkan umpan Ahmad Bustomi sukses merobek jala Sukasto Effendi.

Lima menit berselang, Persegres memiliki peluang memperkecil ketinggalan. Sayang, sepakan Kacung Choirul Munif masih meleset dari sasaran.

Kacung akhirnya membayar tuntas kesalahannya tersebut. Umpannya di menit 62, sukses dimanfaatkan Jimmy Suparno untuk mengoyak gawang AK.

Usai kebobolan, Arema berupaya mengamankan kemenangan mereka. Demi menambah pundi-pundi gol Arema, Suharno memasukkan Irsyad Maulana di menit 65. Pemain yang dijuluki Neymar Arema ini menggantikan Beto Goncalves, yang sudah kehabisan nafas. Selain mengganti Beto, Suharno juga menarik AK. Posisinya di bawah mistar gawang Arema diganti Made Wardana.

Menit 83, Arema mendapat hadiah penalti dari wasit. Penalti ini buah dilanggarnya Bustomi oleh barisan belakang Persegres. Gustavo Lopes yang ditunjuk sebagai eksekutor, tak menyia-nyiakan kesempatan ini. Tendangannya tak bisa diantisipasi Sukasto Effendi dan mengubah kedudukan menjadi 4-2.

Sepanjang sisa laga, kedua tim terlibat jual beli serangan. Namun, sampai wasit Prasetyo Hadi meniup peluit panjang, kedudukan tak berubah.

Di partai puncak, Arema Cronus dipastikan bakal menghadapi Persebaya Surabaya. Di laga yang berlangsung di Surabaya, gol semata wayang Pacho Kenmogne membawa Persebaya membekuk Persela Lamongan dan memastikan anak asuh Tony Ho itu melaju ke partai final. (den/hsw)