FOLLOW US:


Share Rating Televisi Dihitung Akhir Musim

10-08-2017 16:19
Share Rating Televisi Dihitung Akhir Musim
Berlinton Siahaan (kiri) dan Risha Adi Widjaya © Firri Apriani

Bola.net - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) memberikan kepastian terkait pembagian kontribusi dari hasil perhitungan rating televisi. Pembagian kontribusi tersebut baru akan dilakukan setelah kompetisi Liga 1 berakhir.

Pasa awal musim, klub-klub peserta Liga 1 mendapatkan kepastian bahwa selain dari subsidi mereka juga akan mendapat tambahan pemasukan dari rating televisi. Jumlahnya bervariasi, tergantung dari besaran rating. Semakin tinggi rating penonton sebuah klub, maka makin besar pula bonus yang diterima klub yang bersangkutan.

Akan tetapi, saat ini ada klub-klub yang mempertanyakan kapan kontribusi dari rating televisi itu akan cair. CEO PT LIB, Risha Adi Wijaya menjelaskan uang tersebut akan disalurkan setelah Liga 1 berakhir.

"Kita waktu di manajer meeting pertama memang membicarakan kemungkinan-kemungkinan kontribusi terhadap rating dan rangking. Nah hal itu akan terjadi apabila kompetisi sudah selesai karena ada perhitungannya," uhar Risha kepada Bola.net, Kamis (10/8/2017).

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi mengungkapkan bahwa setiap tim peserta Liga 1 akan mendapat kucuran subsidi sebesar Rp. 7,5 miliar. Akan tetapi, jumlah itu bisa bertambah lagi meski di tiap klub tidak sama nominalnya karena tergantung posisi akhir mereka di Liga dan rating siaran televisi.

"Jadi itu nanti perhitungannya digabung. Perhitungan formulanya sudah kita buat, nanti tidak hanya rating tapi juga rangking secara total. Jadi di putaran pertama tidak ada karena rangkingnya pun masih sementara," ujar Risha.

"Nanti setelah putaran kedua selesai, rangking sudah pasti, siapa juaranya, dan perhitungan itu mulai berlaku," tandas Risha.