FOLLOW US:


Shopee Liga 1 2019: Duel Antarlini Persebaya Vs Arema

12-12-2019 10:00

 | Aga Deta

Shopee Liga 1 2019: Duel Antarlini Persebaya Vs Arema
Persebaya Surabaya vs Arema FC © Bola.net

Bola.net - Pekan ke-32 Shopee Liga 1 2019 bakal menyajikan pertandingan yang mempertemukan dua tim besar asal Jawa Timur. Persebaya Surabaya akan menghadapi Arema FC.

Pertemuan ini bertajuk Derbi Jatim, dan terpaksa dimainkan di Stadion Batakan, Balikpapan, Kamis sore (12/12/2019), lantaran Persebaya tak bisa mengantongi izin untuk menggelar laga ini di Surabaya.

Sepanjang musim ini, kedua tim sudah berjumpa tiga kali. Perinciannya, dua di Piala Presiden 2019 dan sekali di Liga 1 2019. Hasilnya, Arema lebih unggul dibanding sang rival.

Tim berjulukan Singo Edan itu memenangi dua di antaranya, dan satu laga berakhir imbang. Pertemuan teranyar Derbi Jatim menjadi milik Arema setelah menang 4-0 atas Persebaya di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang (15/8/2019).

Dari catatan itu, Arema bisa dibilang lebih diunggulkan. Tetapi, situasi terkini kedua tim jauh berbeda.

Arema sedang terpuruk lantaran gagal menang dalam lima pertandingan terakhir musim ini. Bahkan di laga terakhir, tim pujaan Aremania itu kalah telak 1-5 dari tuan rumah PSIS Semarang (8/12/2019).

Persebaya, sebaliknya, melewati enam pertandingan terakhir tanpa kekalahan. Persebaya berpesta gol 4-0 ke gawang Bhayangkara FC di hari yang sama saat PSIS pesta gol ke gawang Arema.

Persebaya sedang dalam performa apik dan kini menghuni peringkat kelima dengan 45 poin. Arema sebenarnya hanya selisih dua poin di bawahnya dengan mengoleksi 43 angka, tetapi berada di peringkat ke-10.

Dari materi pemain, dua tim asal dua kota terbesar di Jawa Timur itu memiliki beberapa kemiripan. Mereka sama-sama memadukan pemain asing dan lokal berpengalaman, dengan beberapa pemain muda.

Hanya, materi pemain kali ini agak berbeda dibandingkan tiga pertemuan sebelumnya. Hal ini tidak lepas dari kedatangan tiga pemain asing di Persebaya, yakni David da Silva, Diogo Campos, dan Aryn Williams.

Di sisi lain, beberapa pemain penting kedua tim terpaksa absen, semisal Osvaldo Haay, Rachmat Irianto, dan Muhammad Rafli yang belum pulang selepas membela Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2019.

Dengan begitu, ketiganya bakal jadi pembeda dalam laga nanti. Lantas, siapa saja pemain yang akan memegang peranan penting dalam laga ini?

Berikut ini duel antarlini yang bisa terjadi dalam laga Persebaya melawan Arema seperti dilansir Bola.com:

1 dari 3

Belakang

Persebaya bisa menurunkan kekuatan terbaik seiring tidak ada pemain absen akibat menjalani hukuman akumulasi kartu atau cedera. Back four andalan akan siap mengawal lini belakang untuk menahan gempuran barisan depan Arema.

Duet stopper Otavio Dutra dan Hansamu masih menjadi pilihan utama. Lalu, posisi bek sayap kanan akan dihuni oleh Novan Sasongko, dan Ruben Sanadi di bek kiri sekaligus menjabat kapten tim.

Arema bisa sedikit lega bisa menurunkan Arthur Cunha yang absen saat melawan PSIS. Di laga itu, Singo Edan sempat mengorbankan Ahmad Alfarizi dan Hanif Sjahbandi menjadi stoper.

Kapten Hamka Hamzah masih diragukan tampil, meski menyusul rombongan tim ke Balikpapan. Sementara bek sayap kanan akan dihuni oleh Alfin Tuasalamony yang telah diandalkan sejak musim lalu.

2 dari 3

Tengah

Komposisi pemain tengah Persebaya sedang menampilkan performa apik dalam beberapa laga terakhir. Trio gelandang Persebaya mengombinasikan pemain senior, muda, dan asing.

Posisi gelandang serang dihuni oleh Rendi Irwan. Sementara duet jantung pertahanan menjadi milik Muhammad Hidayat dan Aryn Williams.

Arema cukup lengkap untuk meladeni perebutan bola di lini tengah. Hendro Siswanto, Makan Konate, dan Hanif Sjahbandi menjadi deretan pemain yang efektif untuk meredam mobilitas gelandang lawan.

3 dari 3

Depan

Trisula penyerang Persebaya kini telah menjadi milik Diogo Campos, David da Silva, dan Irfan Jaya. Bagi Diogo, ini merupakan kali pertama menjalani laga Derbi Jatim melawan Arema, karena di putaran pertama dia membela Kalteng Putra.

David da Silva bukan nama baru karena sudah dua kali merasakan Derbi Jatim musim lalu. Tetapi, ini kali pertama buatnya untuk musim ini mengingat pada putaran pertama ia membela Pohang Steelers, klub kasta tertinggi Korea Selatan.

Sementara Arema, masih belum bisa menurunkan striker Dedik Setiawan yang mengalami cedera. Trisula lini depan kekuarangan pemain seiring hanya tersisa Dendi Santoso dan Sylvano Comvalius bersama Dedik selama ini.

Sebagai pengganti, Ricky Kayame kemungkinan bakal menambah garangnya barisan depan Arema.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Aditya Wany/Editor Aning Jati
Published: 12 Desember 2019