FOLLOW US:


Simak Yuk Deretan Aksi Simpatik yang Dilakukan Suporter Indonesia

14-11-2019 09:45

 | Aga Deta

Simak Yuk Deretan Aksi Simpatik yang Dilakukan Suporter Indonesia
Hujan boneka dari Bonek Mania. © Bonek Mania for Bola.net

Bola.net - Sepak bola Indonesia tidak bisa lepas dari kehadiran para suporter. Bahkan, kelompok suporter di Indonesia terkenal militan saat mendukung klub kebanggaannya.

Para suporter tersebut tak kenal lelah dalam mendukung serta mencintai klubnya. Kecintaan terhadap klub kerap ditunjukkan lewat aksi kreatif dan atraktif.

Aksi tersebut mereka tunjukkan di tribune maupun saat di luar stadion. Saat berada di stadion, para suporter biasanya menyuguhkan aksi koreografi dan bernyanyi sepanjang laga.

Selain aksi kreatif, para suporter ada yang melakukan tindakan terpuji saat berada di luar stadion. Aksi-aksi simpatik tersebut meliputi menggalang dana untuk korban bencana hingga menyumbangkan dana ke anak yatim.

Aksi-aksi tersebut tentunya sangat baik ketimbang rusuh antar suporter. Beberapa kelompok suporter sering memperlihatkan tindakan positif yang patut ditiru para pendukung klub sepak bola di Indonesia.

Berikut beberapa aksi simpatik suporter Indonesia yang patut dicontoh seperti dilansir Bola.com.

1 dari 6

Bobotoh Persib Sumbangkan Hadiah Suporter Terbaik Piala Presiden 2018

Bobotoh Persib Sumbangkan Hadiah Suporter Terbaik Piala Presiden 2018
Bobotoh Persib Bandung © Bola.com/M Iqbal Ichsan

Bobotoh Persib Bandung mendapat penghargaan menjadi suporter terbaik Piala Presiden 2018. Penghargaan tersebut merupakan ketiga kalinya secara beruntun yang didapatkan bobotoh pada turnamen pramusim tahunan tersebut.

Alhasil, Bobotoh berhak mendapatkan uang tunai senilai Rp100 juta. Namun, Bobotoh dan Viking Persib Club (VPC) mendonasikan hadiah tersebut untuk anak yatim piatu.

Tindakan terpuji tersebut merupakan bentuk pandangan Bobotoh yang merasa belum pantas mendapatkan penghargaan tersebut. Bobotoh menganggap masih banyak yang perlu dibenahi dalam memberikan dukungan kepada tim idolanya di lapangan.

2 dari 6

Bonek Mania Bangun Panti Asuhan di Sidoarjo

Bonek Mania Bangun Panti Asuhan di Sidoarjo
Suporter Persebaya Surabaya di kandang PSS Sleman © Bola.com/Vincentius Atmaja

Kelompok suporter Persebaya Surabaya, Bonek Mania, kerap menjadi sorotan karena terlibat berbagai insiden. Tak jarang Bonek dilarang hadir ke beberapa kota untuk mendukung tim kesayangannya.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir Bonek justru membuktikan anggapan tersebut salah. Bonek kerap melakukan aksi mulia.

Salah satu aksi mulia yang dilakukan bonek yaitu membangun panti asuhan di Sidoarjo pada 2018. Satu di antara alasan pembangunan ialah karena Persebaya sering melakukan kegiatan di panti asuhan.

3 dari 6

Aksi Lempar Boneka

Aksi Lempar Boneka
Suporter Persebaya Surabaya melakukan aksi lempar boneka (23/9) © Bola.com/Aditya Wany

Hujan boneka terjadi saat Persebaya Surabaya berhadapan dengan Tira Persikabo pada ajang Piala Presiden 2019, Jumat (29/3/2019) di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Aksi pelemparan boneka ke lapangan berlangsung saat jeda babak pertama. Ribuan boneka memenuhi pinggir lapangan Stadion GBT dari berbagai arah penjuru tribune.

Aksi itu merupakan cara mereka untuk berbagi kebahagiaan. Semua boneka itu akan disumbangkan kepada anak-anak pengidap kanker.

Aksi ini merupakan inisiatif dari dua maskot Persebaya, Jojo dan Zoro, yang merupakan representasi dari binatang buaya dan hiu. Mereka terinspirasi dari aksi serupa yang dilakukan oleh suporter Real Betis saat timnya melawan Eibar dalam Liga Spanyol akhir tahun lalu.

4 dari 6

Galang Dana untuk Korban Gempa Palu dan Donggala

Saat terjadi gempa sekaligus tsunami di Palu dan Donggala, beberapa kelompok suporter di Indonesia ikut menggalang dana untuk para korban.

Beberapa kelompok suporter di Indonesia yang ikut menggelar aksi sosial tersebut antara lain Brigata Curva Sud (BCS), Snex, hingga Aliansi Suporter Indonesia di Malaysia (ASIM).

BCS mengajak seluruh suporter untuk ikut andil sebagai bentuk keprihatinan dengan bencana menimpa warga Palu dan Donggala.

"Selamat Pagi. Melalui platform @kitabisacom"

"Brigata Curva Sud mengadakan penggalangan dana untuk Bencana Gempa Bumi dan Tsunami di Palu, Donggala dan sekitarnya"

"Pertimbangan pemilihan ini dilandasi hal-hal berikut, efektif, efisien dan transparan. #DonasiBCS #SampaiKitaBisa," tulis akun BCS

Selain BCS, beberapa kelompok suporter seperti Jak Mania, Bobotoh, K Conk Mania dan masih banyak lainnya yang ikut menggalang dana untuk korban bencana di Palu dan Donggala.

5 dari 6

Suporter Semen Padang Kumpulkan Dana Bantu Korban Gempa Pidie

Suporter Semen Padang Kumpulkan Dana Bantu Korban Gempa Pidie
Para pemain Semen Padang merayakan gol yang dicetak Irsyad Maulana ke gawang Mitra Kukar pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Patriot, Bekasi, Kamis (14/3). Padang menang 2-0 atas Mitra. © Bola.

Tidak hanya mendukung penuh perjuangan Semen Padang di setiap pertandingan, satu di antara anggota kelompok suporter, The Kmer's, ikut berempati terhadap bencana gempa yang terjadi di Kabupaten Pidie, Aceh.

Beberapa pentolan The Kmers menggalang dana kemanuasiaan yang dipusatkan di Jalan Padang-Solok. Penggalangan bantuan tidak hanya dilakukan oleh Korwil The Kmer's Kota Padang namun juga di seluruh Indonesia.

Aksi tersebut dilakukan dalam waktu satu pekan penuh. Selain di jalan Padang-Solok, kegiatan juga dilakukan di beberapa kawasan di Kota Padang.

6 dari 6

Galang Dana untuk Anak Yatim Piatu dan Fakir Miskin

Galang Dana untuk Anak Yatim Piatu dan Fakir Miskin
Suporter Madura United menyalakan flare © Bola.com/Aditya Wany

Anggota kelompok suporter Madura United yang tergabung dalam komunitas Teretan Dhibi menggalang dana untuk anak yatim dan fakir miskin. Aksi tersebut dilakukan pada Ramadan tahun ini.

Sumbangan dana tersebut akan diberikan kepada anak yatim piatu serta fakir miskin di Pamekasan. Tak hanya para suporter saja, para pemain juga ada yang ikut dalam aksi penggalangan dana tersebut.

Para pemain ikut dalam aksi mulia itu di sela-sela kesibukan berlatih ataupun bertanding di Shopee Liga 1 2019.

Disadur dari: Bola.com/Penulis Faozan Tri Nugroho/Editor Yus Mei Sawitri
Published: 14 November 2019