FOLLOW US:


Soal Penangguhan Regulasi U-23, Ini Penjelasan PSSI

01-07-2017 07:55
Soal Penangguhan Regulasi U-23, Ini Penjelasan PSSI
Joko Driyono © Fitri Apriani

Bola.net - Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono mengatakan penangguhan regulasi pemain U-23 di Liga 1 dilakukan demi menciptakan keadilan sekaligus menjaga kualitas kompetisi tersebut.

Seperti yang diketahui, baru-baru ini PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) merilis aturan baru. Mereka memutuskan untuk menghapus sementara kewajiban memainkan pemain U-23 di Liga 1 2017.

Sebabnya, ada sejumlah klub yang pemainnya dipanggil memperkuat Timnas Indonesia U-22. Skuat asuhan Luis Milla itu sendiri akan berlaga di kualifikasi Piala AFC U-22 2018 mulai tanggal 19 hingga 23 Juli 2017 dan SEA Games ke-29 mulai Agustus 2017.

Keputusan itu sendiri menuai reaksi keras dari sejumlah pihak. Kemudian Joko Driyono menjelaskan bahwa aturan itu diambil karena ingin adanya keadilan, mengingat jumlah pemanggilan pemain di tiap-tiap klub berbeda-beda.

“Kita tahu, ada klub yang tiga sampai empat pemainnya dipanggil, dan klub tersebut kemungkinan memiliki pemain U-23 penggantinya yang kualitasnya di bawah dengan yang dipanggil ke timnas,” ujar pria yang akrab disapa Jokdri tersebut seperti dilansir situs resmi Madura United.

Jokdri menambahkan, jika aturan itu tidak diberlakukan, ditakutkan kompetisi akan berjalan kurang menarik. Sebab sejumlah tim jadi tidak bisa menampilkan permainan terbaiknya.

“Kami juga diskusi dengan Liga (PT Liga Indonesia Baru), bagaimana agar kompetisi ini tetap menarik dengan tanpa pemain U-22 yang dipanggil ke timnas. Kami punya asumsi bakal ada penurunan kualitas kompetisi jika tanpa para pemain U-22 yang dipanggil ke timnas," terangnya.

"Ini kami diskusikan cukup panjang, sehingga diputuskan hal ini (ditangguhkan regulasi pemain U-23) mulai pertandingan 3 Juli hingga selesainya SEA Games. Setelah itu akan diberlakukan lagi,” tutupnya.