FOLLOW US:


Status Bhayangkara FC Sudah Valid di Liga dan PSSI

12-10-2017 17:28
Status Bhayangkara FC Sudah Valid di Liga dan PSSI
Bhayangkara FC © Ist

Bola.net - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) menegaskan bahwa status Bhayangkara FC di liga maupun PSSI sudah valid. Meskipun, Bhayangkara FC yang berpeluang juara Liga 1 terancam tak bisa tampil di kompetisi AFC.

Bhayangkara FC memiliki kans besar untuk menjadi kampium Liga 1 setelah berhasil bertengker di puncak klasemen dengan torehan 59 poin dari 28 laga. Jika juara, maka Evan Dimas dan kawan-kawan bisa mendapat tiket masuk ke Liga Champions Asia, meski harus melalui babak playoff.

Akan tetapi, ada aturan dari AFC yang membuat mereka tak bisa tampil di kompetisi bergengsi tersebut. Aturan itu menyatakan sebuah klub harus memenuhi aspek legalitas, berbadan hukum, dan minimal berkompetisi selama dua tahun.

"Status Bhayangkara FC di PSSI dan liga valid. Kalau ada regulasi lain di luar PSSI dan liga, maka sebenarnya jika itu datang dari AFC atau FIFA, maka itu jadi wewenang dari federasi untuk menjelaskan itu," ujar Kepala Operasional PT LIB, Tigor Shalomboboy.

"Kenapa cuma Bhayangkara yang ditanya? Sama semua casenya. Saya berbicara di sini sebagai lisensing manager yang tahu tentang hal ini. Dari sisi lisensing memang ada aturan AFC yang menyatakan sebuah klub secara berturut-turut consecutive two years harus ikut kompetisi," sambungnya.

Tim berjuluk The Guardian tersebut memang merupakan klub baru di kompetisi Indonesia. Sebelumnya, Bhayangkara FC bertransformasi dari Persikubar Kutai Barat lalu berapa kali berganti nama mulai dari Surabaya United hingga Bhayangkara Surabaya United.

"Kalau ada perubahan apapun terkait status legal, kepemilikan, perubahan saham apapun itu harus dilaporkan ke AFC. AFC yang akan memutuskan sebenarnya," tutur Tigor.

"Boleh saja ada hak federasi memberikan penjelasan misalnya, katakan sebenarnya tim ini secara valid bisa ikut kompetisi. Tapi hubungannya antara federasi dengan AFC karena yang punya regulasi AFC. Tapi saya pastikan di dalam regulasi PSSI dan regulasi liga, status Bhayangkara FC, Madura FC, PS TNI valid untuk ikut kompetisi," tandasnya. (fit/asa)