Tanpa Wasit Asing, Kualitas Wasit di Liga 1 Musim 2018 Dijanjikan Akan Lebih Baik

Bola.net | 21 Maret 2018 15:37
Thoriq Alkatiri (c) PSSI
- Performa wasit di Liga 1 Indonesia masih menjadi sorotan. Musim ini, PT Liga Indonesia Baru (LiB) selaku operator kompetisi tersebut memutuskan tak akan menggunakan jasa wasit asing. Thoriq Alkatiri sebagai wasit lokal yang memiliki lisensi dari FIFA berjanji akan memperbaiki kinerja wasit lokal yang akan menjadi hakim di Liga 1 2018.


Musim lalu, LIB masih banyak menggunakan jasa wasit asing. Kendati demikian, keputusan wasit impor tetap tak lepas dari hal kontroversial. Hal itu dapat dilihat dari kejadian ketika Persib Bandung melakukan Walkout saat bertemu dengan Persija Jakarta.


Shaun Evans, wasit dari Australia yang memimpin pertandingan saat itu dituding terlalu banyak memihak pada kubu persija. Oleh sebab itu, Persib pun dinilai tak salah ketika melakukan aksi protes.


Musim ini PT LIB memutuskan tidak menggunakan tenaga wasit asing sama sekali di Liga 1 2018. Hal tersebut melegakan, Thoriq Alkatiri.


"Mental kami para wasit lokal sempat terpuruk saat pengelola kompetisi mendatangkan wasit asing. Kualitas kami tidak kalah dibanding mereka, namun entah kenapa kami selalu dijadikan kambing hitam," ujar Thouriq di sela-sela acara launching Liga 1 di Studio 5 Indosiar, Jakarta, Senin (19/3/2018).


"Nyatanya kinerja wasit asing juga sama saja. Mereka juga melakukan blunder. Hal itu menunjukkan kalau sejatinya wasit adalah manusia biasa. Mereka bisa salah, bukan karena kesengajaan," tambahnya.


Thoriq mewakili rekan-rekannya berjanji akan memperbaiki kinerja, sehingga pertandingan-pertandingan Liga 1 2018 berjalan mulus tanpa kontroversi.


"Kami juga butuh dukungan dari pelaku sepak bola Indonesia dan juga masyarakat. Mereka juga harus fair dalam melihat sebuah keputusan yang dibuat wasit," ujar Thoriq.


"Kami para wasit berkomitmen bekerja maksimal saat memimpin pertandingan, sehingga mutu pertandingan Liga 1 2018 meningkat dari musim sebelumnya," sambungnya.


Liga 1 musim 2018 ini akan dimulai pada 23 Maret mendatang. Persija Jakarta dan Bhayangkara FC akan membuka kompetisi liga kasta tertinggi dalam sepakbola Indonesia tersebut.





Sumber: Bola.com


[initial]



 (bola/shd)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR