FOLLOW US:


Terkena Gas Air Mata, Puluhan Korban Wanita Berjatuhan

15-04-2018 22:55
Terkena Gas Air Mata, Puluhan Korban Wanita Berjatuhan
Aremania ricuh di laga Arema FC vs Persib Bandung © Dendy Gandakusumah

Bola.net - Laga pekan keempat Go-Jek Liga 1 bersama Bukalapak antara Arema FC melawan Persib Bandung berakhir dengan kericuhan. Korban pun berjatuhan, termasuk para wanita, karena ada semprotan gas air mata yang dilepas oleh pihak keamanan.

Laga di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Minggu (15/4/2018) malam, mulai tidak kondusif pada sepuluh menit sebelum laga usai. Para penonton mulai melemparkan benda-benda dari tribun ke arah lapangan. Laga pun sempat ditunda sejenak oleh wasit.

Suasana di tribun pun semakin memanas jelang laga usai. "Pantauan kami, situasi mulai makin tidak kondusif setelah kartu merah Dedik (Setiawan) yang begitu mendadak. Setelah itu, penonton mulai masuk ke lapangan," ujar Media Officer Arema FC, Sudarmaji, usai pertandingan.

Berdasar pantauan di Stadion Kanjuruhan, penonton makin masif memasuki area lapangan pada menit 90+2. Saat itu, para pemain Persib pun diarahkan masuk ke ruang ganti. Tak lama berselang, pemain Arema dan para official pun masuk ke ruang ganti. Situasi di lapangan makin tidak kondusif.

Kericuhan di lapangan makin tidak terkendali. Para penonton semakin memenuhi area lapangan. Bahkan, terjadi pula penggrusakan beberapa fasilitas stadion seperti LED board, bench pengawas pertandingan, tiang penanda sudut lapangan.

Setelah situasi makin tidak kondusif, pihak kepolisian terlihat menembakkan gas air mata ke arah tribun bagian selatan dan ke tengah lapangan untuk membubarkan.

Korban pun mulai berjatuhan. Bahkan, saking banyaknya korban yang harus mendapat perawatan, tim medis pun dibuat kerepotan. Rata-rata korban adalah wanita dan mengalami sesak nafas. Korban pun dievakuasai masuk ke area dalam stadion. Ruang medis penuh dan beberapa dirawat di lorong-lorong dekat ruang media.

"Kami sudah bertindak cepat dengan memberikan pertolongan pertama. Tapi memang petugas medis jumlahnya terbatas. Kami kemudian mengerahkan segala potensi. Kami hubungi ambulans dan rumah sakit terdekat untuk evakuasi," kata Ketua Panpel Arema FC, Abdul Haris.

Jumlah korban pun diyakini akan terus bertambah lantaran situasi benar-benar tidak kondusif. Karena itu, pihak Arema FC akan membuka posko bagi para korban dan siap menanggung biaya pengobatan. "Kami akan buka dua posko kesehatan untuk Aremania yang jadi korban. Posko pertama di Kantor Arema di Jln. Mayjend Panjaitan nomor 42 dan di Stadion Kanjuruhan," sambung Haris.

Sementara itu, laga sendiri dipastikan sudah berakhir meskipun masa tambahan waktu baru berjalan dua menit dari tiga menit yang diberikan wasit. Laga antara Arema FC melawan Persib berakhir dengan skor 2-2. Dua gol Arema dicetak oleh Thiago Furtuoso dan Balsa Bozovic. Sementara, dua gol Persib diborong oleh Ezechiel N'Douassell.