FOLLOW US:


Termasuk Marc Klok, Ini 10 Pemain yang Pernah Membelot dari Persija ke Persib

30-06-2021 20:20

 | Serafin Unus Pasi

Termasuk Marc Klok, Ini 10 Pemain yang Pernah Membelot dari Persija ke Persib
Marc Klok Resmi Bergabung dengan Persija Jakarta © Bola.net/Fitri Apriani

Bola.net - Gelandang naturalisasi asal Belanda, Marc Anthony Klok membuat heboh pada bursa transfer jelang Liga 1 2021. Pasalnya dia memutuskan pindah ke Persib Bandung setelah berpisah dengan Persija Jakarta.

Kepindahan Marc Klok menjadi perhatian karena dia membelot ke tim yang merupakan rival mantan klubnya. Persib dan Persija punya sejarah persaingan yang cukup panjang di Liga Indonesia.

Namun, Marc Klok bukan satu-satunya pemain yang 'berhianat'. Ada banyak sosok yang sebelumnya berseragam Persija, tapi memutuskan untuk menyeberang ke Persib.

Berikut 10 pemain yang pernah membelot dari Persija ke Persib. Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters

1 dari 10

Yudi Guntara

Yudi Guntara adalah pemain pertama yang memutuskan berpindah dari Persija ke Persib. Dia meninggalkan Macan Kemayoran untuk pulang ke Bandung pada kompetisi Perserikatan 1990/91.

Yudi meninggalkan Persija setelah membawa tim tersebut finis di posisi keempat kompetisi Perserikatan 1989/90. Di Bandung, dia langsung menjadi andalan bersama Djadjang Nurdjaman, Ajat Sudrajat, hingga Iwan Sunarya.

2 dari 10

Imran Nahumarury

Imran Nahumarury
Imran Nahumarury © Fitri Apriani

Imran Nahumarury adalah salah satu pemain di balik sukses Persija Jakarta meraih gelar Divisi Utama 2001. Dia menjadi andalan Macan Kemayoran sejak 2000 hingga 2004.

Namun, setelah dari Persija, Imran justru bergabung ke Persib Bandung. Dia memperkuat tim Pangeran Biru selama satu musim. Kini, dia menjadi asisten pelatih di PSIS Semarang.

3 dari 10

Charis Yulianto

Charis Yulianto
Charis Yulianto saat masih di Borneo FC. © Bola.com/Iwan Setiawan

Charis Yulianto pernah menjadi andalan Persija selama dua musim pada 2005 sampai 2006. Namun, setahun kemudian, dia memutuskan pindah ke Persib.

Namun, nasib Charis Yulianto tak jauh beda dengan Imran Nahumarury. Dia hanya bertahan selama semusim di Kota Kembang. Charis kemudian pensiun pada 2012 setelah membela Arema.

4 dari 10

Baihakki Khaizan

Baihakki Khaizan
Baihakki Khaizan © AFF Suzuki Cup

Baihakki Khaizan membela Persija Jakarta pada musim 2009-2010. Pemain asal Singapura tersebut kemudian memutuskan bergabung ke Persib pada 2010-2011.

Baihakki Khaizan cukup beruntung, karena kepindahan ke klub rival tidak membuat suporter marah. Dia tetap diperlakukan dengan baik oleh The Jakmnia.

5 dari 10

Muhammad Ilham

Muhammad Ilham pernah memperkuat Persija Jakarta dalam tiga kesempatan berbeda. Kesempatan pertama datang pada rentang 2006-2010.

Setelah itu, dia langsung pindah ke Persib pada 2010-2011. Dia sempat berseragam PSPS Pekanbaru sebelum kembali bergabung dengan Persija pada 2012-2013 dan 2014-2016.

6 dari 10

Tony Sucipto

Tony Sucipto
Tony Sucipto © Persija Media

Setelah sukses mempersembahkan gelar juara untuk Sriwijaya FC, Tony Sucipto langsung mendapat kesempatan berseragam Persija pada 2010. Namun setelah tampil 24 kali dan menyumbang gol dia memutuskan hijrah ke Bandung.

Di Bandung, Tony juga mampu memberikan gelar untuk Persib. Namun, 7 tahun setelah membela Persib Bandung, dia memutuskan untuk kembali ke Persija.

7 dari 10

Aliyudin

Aliyudin sempat menjadi andalan Persija Jakarta di lini serang sejak bergabung pada tahun 2007. Dia bahkan sempat dielu-elukan oleh The Jakmania karena produktifitasnya.

Dia juga menjadi trisula maut Persija bersama Bambang Pamungkas dan Greg Nwokolo. Pada tahun 2011 dia pindah ke Persib, tapi karirnya meredup karena hanya mampu mencetak dua gol dalam semusim.

8 dari 10

Muhammad Nasuha

Pemain yang pernah menjadi andalan timnas Indonesia, Muhammad Nasuha juga pernah membelot dari Persija dan Persib. Momen itu terjadi pada tahun 2011.

Namun, pada musim 2012 sampai 2013, Nasuha tidak bermain di klub manapun. Dia mengalami cedera yang membuatnya harus menepi cukup lama.

9 dari 10

Atep

Atep
Atep © ISC

Atep adalah salah satu andalan Persib Bandung sejak 2008 hingga 2018 bahkan menjadi kapten di klub tersebut. Namun, sebelum berseragam Pangeran Biru pada 2008, dia adalah pemain Persija Jakarta.

Atep bergabung dengan Persija pada 2004 setelah tampil menjanjikan bersama Persiba Bantul. Sejak saat itu dia langsung menjadi pemain utama Persija Jakarta sebelum akhirnya bergabung dengan Persib.

10 dari 10

Marc Klok

Marc Klok
Marc Anthony Klok © Bola.net/Fitri Apriani

Marck Klok bergabung dengan Persib Bandung setelah berpisah dengan Persija Jakarta. Keputusan itu mengejutkan mengingat dia merupakan salah satu pemain kunci di Macan Kemayoran.

Marc Klok juga berhasil mengantarkan Persija menjuarai Piala Menpora 2021. Dia juga menjadi pemain terbaik pada turnamen tersebut.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)