FOLLOW US:


Wiljan Pluim, Pemain Asing Paling Loyal di PSM Makassar

06-10-2020 15:07

 | Asad Arifin

Wiljan Pluim, Pemain Asing Paling Loyal di PSM Makassar
Wiljan Pluim © Instagram/wiljanpluim

Bola.net - Nama Wiljan Pluim akan dikenang oleg fans PSM Makassar karena dedikasi dan aksi-aksi terbaik yang sudah diberikan pada klub. Apalagi, sejauh ini Wiljan Pluim tercatat sebagai pemain asing yang paling lama bermain di PSM.

PSM mendatangkan Wiljan Pluim pada 2016 lalu, ketika masih dilatih Robert Albert. Sebelum membela PSM, Wiljan Pluim terlah bermain di Asia Tenggara. Wiljan Pluim bermain untuk klub Vietnam, Becamex Binh Doung.

Sejak musim pertamanya di PSM, eks gelandang Willem II dan Roda JC Kerkrade ini tampil menawan berkat keahliannya dalam mengolah bola saat melewati lawan, umpan terukur dan mencetak gol. Itulah mengapa di setiap awal musim, Pluim selalu dikaitkan dengan klub pesaing PSM yang gencar mendekatinya meski ia terikat kontrak sampai 2021.

Termasuk dalam dua bulan belakangan. Di mana Pluim gencar dikabarkan mengikuti jejak rekannya, Marc Klok yang hengkang ke Persija. Apalagi, Klok selangkah lagi menyandang status pemain naturalisasi.

Rumor kian gencar sejalan dengan lambannya persiapan menghadapi PSM menghadapi lanjutan Liga 1 2020. Namun, spekulasi terkait Pluim langsung sirna menyusul kedatangan sang kapten ke Makassar pada Sabtu (26/9/2020) atau sepekan setelah kelahiran anak keduanya, Lukas Toni di Belanda (19/9/2020).

1 dari 2

Menatap untuk Shopee Liga 1 2020

Kini Wiljam Pluim sudah bersama rekan setimnya di Yogyakarta yang sedang bersiap menuju Shopee Liga 1 2020.

"Kehadiran Pluim membuat kami lega. Bagi kami, Pluim adalah ruh permainan PSM," ujar Sadat Sukma, Sekjen Red Gank, kelompok suporter PSM kepada Bola.com, Selasa (6/10/2020).

Sadat merujuk data penampilan Pluim bersama PSM. Pluim tercatat sudah bermain 119 partai bersama PSM pada ajang resmi yakni Liga 1, Piala Presiden, Piala Indonesia dan Piala AFC. Khusus di Liga 1, Pluim tampil bersama PSM pada 83 laga dengan koleksi gol dan assist, masing-masing 26 kali.

Liga 1 2018 jadi musim terbaik Pluim bersama PSM. Juku Eja memang hanya bertengger di peringkat dua karena kalah satu poin dari Persija Jakarta yang bertengger di posisi puncak klasemen akhir dengan koleksi 62 poin.

Tapi, aksinya mampu mampu membius publik sepak bola tanah air. Musim 2018, Pluim tampil pada 29 laga dengan koleksi 5 gol dan 6 assist. Total menit bermainnya adalah 2.606.

2 dari 2

Pemain Asing Terlama Berskostum PSM

Prestasi terbaik Wiljan Pluim bersama PSM adalah trofi juara Piala Indonesia 2018-2019. Sukses ini jadi peretas jalan buat Pluim masuk dalam daftar pemain legenda Juku Eja.

Khusus untuk kategori pemain asing, jika Pluim tetap bersama PSM sampai 2021 sesuai kontrak, maka ia menjadi pemain asing terlama yang merumput di PSM. Pluim bergabung di PSM pada putaran kedua Torabika Soccer Championship 2016.

Sebelumnya ada dua pemain yang tiga musim bertahan di PSM pada Liga Indonesia yakni Luciano Leandro (1995-1998) dan Ronald Fagundez (2004-2006). Pluim saat ini sudah berusia 31 tahun.

Itulah mengapa kalangan suporter berharap ia menjadikan PSM menjadi klub terakhirnya di Indonesia. "Meski belum meraih trofi juara Liga 1, Pluim sudah berkontribusi besar di PSM. Penampilan dan totalitasnya di lapangan sangat menghibur dan membuat PSM disegani lawan," pungkas Sadat.

Disadur dari Bola.com (Penulis: Abdi Satria/Editor: Wiwig Prayugi, 6 Oktober 2020)