FOLLOW US:


YOSS dan PT PSM Sepakat Kembalikan PSM ke Mattoanging

25-04-2014 21:00
YOSS dan PT PSM Sepakat Kembalikan PSM ke Mattoanging
Andi Ilhamsyah Mattalatta (batik merah) berjabat tangan dengan Rully Habibie (bau hitam) © Apriani Landa
Bola.netBola.net - PSM Makassar akan kembali bermarkas di Mattoanging (Stadion Andi Mattalatta) pada putaran kedua kompetisi ISL 2014. Sudah ada kesepakatan antara pihak Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) selaku pengelola stadion dan manajemen PT Pagolona Sulawesi Mandiri (PSM) sebagai pengelola PSM Makassar.

Kesepakatan itu tercipta dalam pertemuan di kediaman walikota Makassar terpilih, Danny Pomanto, Jalan Amirullah, Makassar, Jumat (25/4/2014) sore. Pertemuan keduanya dimediasi suporter PSM yang juga ikut menjadi saksi kesepakatan keduanya.

Sejumlah perwakilan suporter turut hadir antara lain dari Laskar Ayam Jantan, The Macz Man, Rend Gank, dan VIP Selatan.

"Kami dari YOSS sangat ingin PSM kembali ke 'rumah'-nya. Cuma, pembicaraan sebelum-sebelumnya tidak mendapat kesepakatan sampai PSM memilih Stadion Gelora Mandiri di Pare-pare," kata Ketua Dewan Pembina YOSS, Andi Ilhamsyah Mattalatta.

"Sudah saatnya PSM kembali ke 'rumah'-nya, di Mattoanging. Karena dari jaman dulu, PSM sudah bermarkas di sini dan operasionalnya tetap sistem sewa," lanjutnya.

CEO PT PSM, Rully Habibie, menyatakan setuju untuk menggunakan Stadion Andi Mattalatta sebagai home base PSM. Menurutnya ada dua opsi yang bisa saja terjadi dalam kesepakatan tersebut. salah satunya adalah opsi sewa.

"opsi satu menjadi pilihan utamanya, kita tidak tahu nanti ada opsi lainnya. Paling tidak ada basisnya untuk menyelesaikan permasalahan yang ada," katanya.

"Opsi pertama adalah kita harus bayar sesuai dengan apa yang harus kita bayar. Kita sewa sesuai dengan apa yang kita terima. Sudah sesuai dengan standarisasinya yang ada," katanya.

Namun, Rully mengatakan bahwa masih ada beberapa hal yang harus dibicarakan hanya kedua belah pihak saja yang tahu. "Ada beberapa hal yang juga harus bicarakan karena itu sifatnya konfidensial. Saya harap ini bisa dipahami dan dihargai," lanjutnya.

"Semua ini normal. Mudah-mudahan, apa yang disampaikan tadi bisa terealisasi. Mudah-mudahan tidak ada halangan," ungkapnya.

Kesepakatan ini disambut bahagia suporter PSM yang hadir menjadi saksi pertemuan tersebut. Mereka bersorak dan meneriakkan, "Ewako!" Bahkan, ada beberapa yang larut dalam haru bahagia.

Selanjutnya, baik YOSS maupun PT PSM akan fokus bagaimana agar Stadion Andi Mattalatta kembali lolos verifikasi Badan Liga Indonesia (BLI). "Soal verifikasi, kita akan lihat poin-poinnya seperti apa baru sama-sama kita perbaiki," kata Ilham.

Koordinator Forum Suporter PSM Makassar Bersatu, Karaeng Iskandar, optimis Mattoanging akan lolos verifikasi. Hal ini berkaitan dengan record Mattoanging yang sudah pernah menjadi venue Liga Champions Asia (LCA).

"Jadi tidak ada lagi alasan tim verifikasi untuk menolak Stadion Mattoanging. Memang ada beberapa hal yang harus diperbaiki dan saya pikir YOSS dan PT PSM akan segera menyelesaikan itu," kata Karaeng Iskandar dari kelompok suporter Mappayukki.

Sementara itu Jenderal Lapangan suporter The Macz Man, Andi Syam Paswah atau yang akrab disapa Coklat mengatakan bahwa suporter siap memberikan tenaganya untuk membantu YOSS dan PT PSM dalam merenovasi stadion.

"Kami siap membantu apa yang bisa kami lakukan. Misalnya bantu cat atau apalah," katanya.