FOLLOW US:


10 Pemain Terbaik Liverpool Sepanjang Masa (Bagian 2)

29-09-2020 14:41

 | Asad Arifin

10 Pemain Terbaik Liverpool Sepanjang Masa (Bagian 2)
Kapten Liverpool, Jordan Henderson mengangkat trofi juara Premier League 2019-20 © AP Photo

Bola.net - Liverpool adalah salah satu klub terbesar dalam sepak bola Inggris dan Eropa. Klub yang didirikan pada tahun 1892 ini, telah memenangkan total 63 gelar di semua kompetisi yang pernah mereka ikuti.

Dalam dua dekade terakhir, mungkin Liverpool menyerah kepada rival domestik lainnya seperti duo Manchester, Chelsea, dan Arsenal. Tetapi mereka adalah tim yang tampil dominan di Inggris dan Eropa di era 80-an.

Selama itu, ada beberapa pemain yang terlibat dalam kesuksesan yang diraih oleh The Reds. Tak sampai situ saja, mereka juga membantu perkembangan klub tersebut hingga berada dalam posisi yang mereka rasakan saat ini.

Berkat prestasi gemilang yang mereka torehkan untuk Liverpool, maka pemain tersebut dianggap sebagai pemain terbaik The Reds sepanjang masa dan diagung-agungkan oleh publik Anfield.

Lantas, siapa saja para pemain tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5

1. Kenny Dalglish

1. Kenny Dalglish
Sir Kenny Dalglish © LFC

Kenny Dalglish bergabung dengan Liverpool dari Celtic pada tahun 1977. Kepindahannya ke Anfield ketika itu terbukti tidak sia-sia, karena Kenny Dalglish berhasil menjadi salah satu pemain terbaik The Reds dengan tingkat produktivitas yang tinggi.

Tercatat, penyerang asal Skotlandia ini telah membukukan 145 gol dan 64 assist dari 647 penampilan di semua kompetisi bersama The Reds.

Hebatnya lagi, Dalglish sudah mempersembahkan 25 gelar bagi Liverpool. Termasuk delapan gelar juara Premier League, tiga trofi Liga Champions, dan satu Piala Super Eropa.

2 dari 5

2. Steven Gerrard

2. Steven Gerrard
Steven Gerrard © Bola.net

Steven Gerrard memulai karier sepak bola profesionalnya dengan masuk ke tim senior Liverpool pada tahun 1998. Semenjak saat itu, Gerrard selalu menjadi pemain andalan The Reds dan mempunyai peran yang penting bagi Liverpool.

Berposisi sebagai gelandang, Gerrard mempunyai konsistensi dan dedikasi dalam permainannya sehingga membuat dirinya dianggap sebagai salah satu pemain terbaik yang pernah membela klub tersebut.

Maka tak heran, Gerrard menjadi kapten yang memiliki masa jabatan terlama di Anfield. Total, selama 12 tahun Stevie G menjabat sebagai kapten Liverpool. Ia bahkan mendapat julukan sebagai kapten fantastis.

Gerrard membela The Reds hingga 2015, sebelum pindah ke LA Galaxy. Selama itu, ia pun sudah mencatatkan 710 penampilan bagi Liverpool, sekaligus menjadikannya pemain yang memiliki penampilan terbanyak selain Jamie Carragher.

3 dari 5

3. John Barnes

John Barnes bisa dibilang adalah pemain yang paling disayangi oleh pendukung setia Liverpool. Pasalnya, Barnes menghasilkan sihir di sayap Liverpool dengan kaki kirinya yang kuat.

Selama berseragam Liverpool, Barnes hanya memenangkan dua gelar Premier League. Namun, gelar kedua Premier League mungkin menjadi yang paling berkesan bagi Barnes dan publik Anfield.

Karena, pemain berpaspor Inggris ini berhasil menjadi aktor utama Liverpool dalam memenangkan gelar Premier League ke-18 mereka. Barnes berhasil membukukan 22 gol dan 11 assist di Premier League 1989/90.

Tak hanya itu, Barnes juga memiliki rekor yang unik bersama Liverpool. Barnes tercatat pernah menjuarai Piala Community Shield sebanyak empat kali berturut-turut pada periode 1998-1991.

4 dari 5

4. Alan Hansen

Alan Hansen adalah salah satu bek tengah terbaik yang pernah bermain untuk Liverpool. Selama 14 tahun membela The Reds, Alan Hansen memiliki peran yang sentral di lini belakang Liverpool.

Setelah menjalani debutnya di tahun 1977, Hansen tampil impresif di musim keduanya bersama Liverpool. Pemain asal Skotlandia ini memainkan peran kunci di pusat pertahanan Liverpool saat itu, terbukti The Reds hanya kebobolan 16 gol dalam 42 pertandingan.

Terkenal karena tekel dan kesadaran posisionalnya yang mengesankan. Hansen adalah bagian dari tim Liverpool yang memenangkan treble winner pada 1983-84.

5 dari 5

5. Ian Rush

5. Ian Rush
Ian Rush © LFC

Ian Rush adalah penyerang terbaik yang pernah dimiliki Liverpool. Pemain asal Wales ini menjadi pencetak gol terbanyak Liverpool sepanjang masa, dengan 320 gol dalam 623 pertandingan di semua kompetisi.

Bahkan, ketajaman Ian Rush di lini depan The Reds tidak perlu diragukan lagi. Ian Rush pernah mencetak 47 gol pada tahun 1983/84, sekaligus membawa Liverpool meraih treble winner ketika itu.

Namun, Ian Rush pernah meninggalkan Anfield dan bergabung dengan raksasa Serie A, Juventus pada 1986/87. Tetapi bagi Rush, gol terus mengalir tanpa henti.

Terbukti pada tahun 1992, Rush berhasil melampaui Roger Hunt sebagai pencetak gol terbanyak klub dan pada tahun yang sama, pemain asal Wales itu diangkat sebagai kapten tim.

Sumber: Sportskeeda, Transfermarkt

(Bola.net/Hendra Wijaya)