FOLLOW US:


3 Pemain Versatile yang Perkuat Liverpool Musim 2020/2021

07-09-2020 12:48

 | Asad Arifin

3 Pemain Versatile yang Perkuat Liverpool Musim 2020/2021
Skuad Liverpool di Premier League 2019/20. © AP Photo

Bola.net - Liverpool tampaknya tak akan lagi waspada saat salah satu pemain andalannya cedera. Pasalnya, The Reds memiliki cukup banyak pemain pelapis yang berlabel versatile atau serba bisa.

Semenjak Jurgen Klopp menginjakkan kaki di Anfield pada tahun 2015, ia langsung mempunyai peran yang besar terhadap perubahan The Reds, termasuk perombakan skuad dan mendongkrak prestasi Liverpool.

Klopp memang dikenal sebagai pelatih yang jeli dan mempunyai insting yang kuat ketika ingin mendatangkan pemain.

Nama-nama tenar seperti Mohamed Salah, Sadio Mane, Roberto Firmino, Andrew Robertson, Virgil Van Dijk, dan Alisson Becker adalah pemain yang berhasil didatangkan Klopp. Mereka berhasil tampil gemilang ketika di pegang oleh manajer asal Jerman tersebut.

Padatnya jadwal Liverpool, membuat Klopp harus memutar otak untuk mencari pengganti para pemain andalan The Reds. Maka tak heran apabila skuad yang dimiliki saat ini memiliki pemain yang dapat tampil di posisi berbeda-beda.

Lantas, siapa saja pemain yang mampu mengemban tugas tersebut? Simak selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 3

1. Alex Oxlade-Chamberlain

1. Alex Oxlade-Chamberlain
Gelandang Liverpool, Alex Oxlade-Chamberlain © LFC

Alex Oxlade-Chamberlain harus menepi lama setelah mengalami cedera ligamen lutut, Ketika berbenturan dengan Aleksandar Kolarov di babak semifinal Liga Champions antara AS Roma dan Liverpool.

Setelah pulih dari cedera, ia harus bersaing dengan beberapa gelandang tengah Liverpool yang saat itu sedang mencapai puncak performanya seperti Wijnaldum, Henderson, Fabinho, dan James Milner.

Sulitnya menggeser posisi gelandang The Reds saat itu, membuat pemain asal Inggris tersebut harus merelakan posisi utamanya dan mulai bermain di posisi yang lain.

Dengan kecepatan dan kemampuan dribbling yang ia punya, maka Jurgen Klopp terkadang menempatkannya sebagai penyerang sayap di berbagai pertandingan bersama Liverpool.

Di musim lalu, Chamberlain tercatat enam kali bermain sebagai penyerang sayap kanan dan kiri di semua kompetisi bersama The Reds. Tak sampai disitu saja, pemain asal Inggris tersebut pun pernah menjadi striker di laga Liverpool kontra K.R.C Genk dan berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

2 dari 3

2. James Milner

2. James Milner
Gelandang Liverpool, James Milner © LFC

James Milner memiliki posisi yang sama dengan Chamberlain yaitu gelandang tengah. Namun, mengingat usianya yang sudah tidak muda lagi, ia lebih sering dijadikan lapis kedua oleh Jurgen Klopp.

Perannya di skuad The Reds masih cukup penting, karena ia dapat menjadi mentor bagi pemain muda Liverpool. Hal itu dapat dibuktikan, ketika mantan pemain Manchester City ini memberikan dukungan moral kepada tim U-23 Liverpool, saat menjalani laga replay Piala FA kontra Shrewsbury Town.

Dengan jam terbang yang ia miliki, maka tak heran pemain asal Inggris tersebut kerap kali dimainkan di berbagai posisi oleh sang manajer.

Tercatat di musim lalu, pemain berusia 34 tahun ini bermain sebagai bek sayap kanan dan kiri bagi The Reds sebanyak lima pertandingan di semua kompetisi. Ia pun pernah bermain di posisi gelandang bertahan.

3 dari 3

3. Takumi Minamino

3. Takumi Minamino
Takumi Minamino © AP Photo

Pemain teranyar The Reds, Takumi Minamino, yang didatangkan dari RB Salzburg pada Januari 2020, berhasil memukau publik Anfield dengan keterampilannya bermain di berbagai posisi dan permainannya yang apik.

Minamino sejatinya adalah seorang gelandang serang. Namun, ia terkadang dipercaya oleh Klopp untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Sadio Mane atau Mohamed Salah.

Pemain asal Jepang tercatat pernah dua kali bermain sebagai penyerang sayap kanan dan kiri Liverpool di musim lalu, dengan formasi 4-3-3 ala manajer asal Jerman itu.

Tidak hanya pandai menyerang, Minamino pun memiliki keterampilan menjaga lini tengah, dengan pernah bermain di posisi gelandang tengah dan gelandang kanan The Reds.

Hal ini semakin membuktikan bahwa pemain berusia 24 tahun tersebut memang pemain yang dibutuhkan Klopp dan pemain serba bisa.

Sumber: whoscored.com

(Bola.net/Hendra Wijaya)