FOLLOW US:


30 Tahun Sejak Liverpool Juara Premier League: Apa Saja yang Sudah Terjadi di Dunia?

09-04-2020 01:36

 | Yaumil Azis

30 Tahun Sejak Liverpool Juara Premier League: Apa Saja yang Sudah Terjadi di Dunia?
Skuad Liverpool merayakan gol Mohamed Salah ke gawang Bournemouth. © AP Photo

Bola.net - Sudah 30 tahun terlewati semenjak Liverpool dinyatakan sebagai juara Divisi Utama atau yang sekarang dikenal dengan nama Premier League. Bukan waktu yang sebentar, tentu saja.

Ya, klub berjuluk the Reds itu seperti terkena sebuah kutukan. Tentu saja mereka berupaya untuk memenangkan pagelaran tersebut setiap tahunnya. Tapi entah mengapa, perjuangannya tidak pernah memberikan hasil.

Pada musim ini, Liverpool sudah begitu dekat dengan trofi yang mereka idam-idamkan itu. Mereka sedang duduk di puncak klasemen dengan keunggulan 25 poin dari klub penghuni posisi kedua, Manchester City.

Dan sialnya, kompetisi harus mengalami penundaan untuk sementara akibat pandemi virus Corona. Padahal the Reds hanya butuh enam poin saja untuk bisa disebut sebagai juara Premier League musim ini.

Saat ini, opsi paling memungkinkan yang diambil oleh Premier League adalah penghentian secara dini Premier League 2019/20. Jika demikian, Liverpool pun bakalan secara otomatis dinyatakan sebagai pemenang.

Dan terlepas dari semua itu, Liverpool sudah begitu dekat dengan trofi Premier League yang diidam-idamkan. 30 tahun penantian tidak sebentar. Ada banyak peristiwa menarik yang terjadi dalam rentang waktu tersebut.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 5

Situasi Sepakbola Saat Liverpool Juara Premier League

Sebelum menilik serangkaian peristiwa yang dimaksud tadi, ada baiknya melihat bagaimana situasi sepakbola pada saat Liverpool juara Premier League. Tepatnya di musim 1989/90.

1. Aston Villa jadi runner-up Divisi Utama, Tottenham menghuni peringkat ketiga.

2. Manchester United memenangkan FA Cup, tapi finis di peringkat ke-13 Divisi Uama, satu tingkat di atas rival sekotanya, Manchester City.

3. Gary Lineker merupakan pencetak gol terbanyak Divisi Utama dengan torehan 24 gol untuk Tottenham.

4. Napoli yang diperkuat Diego Maradona menjuarai Serie A, sementara AC Milan menjadi runner-up.

5. Real Madrid memenangkan gelar La Liga yang ke-25, Valencia duduk di peringkat kedua dan disusul Barcelona pada posisi ketiga.

6. Bayern Munchen bersaing dengan Cologne, Eintracht Frankfurt, serta Borussia Dortmund untuk memenangkan Bundesliga.

7. Marseille menjuarai Ligue 1, dengan Jean-Pierre Papin sukses mengantongi 30 gol.

8. AC Milan berhasil menjuarai Piala Eropa (sekarang Liga Champions) untuk keempat kalinya usai mengalahkan Benfica di babak final.

9. Juventus menjuarai UEFA Cup, melewati Fiorentina untuk meraih trofi yang keduanya di kompetisi tersebut.

10. Sampdoria memenangkan Cup Winners Up usai menang atas Anderlecht pada babak final.

11. Jerman Barat memenangkan Piala Dunia 1990 yang digelar di Italia - trofi ketiganya di pentas itu.

12. Inggris menjadi juara keempat di Piala Dunia usai kalah dari Italia dalam laga perebutan posisi ketiga.

13. Hugo Sanchez (Real Madrid) dan Hristo Stoichkov (CSKA Sovia) saling berbagi trofi Golden Boot (38 gol).

14. Marco van Basten memenangkan Ballon d'Or edisi tahun 1989. Lalu di tahun berikutnya, trofi tersebut jatuh ke tangan Lothar Matthaus.

15. Roberto Baggio menjadi pemain termahal di dunia pada tahun 1990, tepatnya saat Juventus merekrutnya dari Fiorentina dengan harga delapan juta pounds.

2 dari 5

Berbagai Kejadian Setelah Liverpool Juara

Pada Desember tahun 1991, Uni Soviet resmi dibubarkan dan pecah menjadi beberapa negara. Padahal kala itu mereka dikenal sebagai negara adidaya di Eropa selama bertahun-tahun.

Di tahun 1992, Divisi Utama Inggris berubah nama jadi Premier League. Dan pada musim yang sama juga, nama Piala Eropa resmi berubah menjadi Liga Champions.

Aturan Back-pass mulai diterapkan pada tahun 1992. Regulasi ini melarang penjaga gawang untuk memungut bola yang datang dari operan rekan setimnya sendiri.

Setahun berikutnya, Internet yang dikenal sekarang lahir ke dunia. Mesin pencari seperti Yahoo beserta Google pun lahir beberapa tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 1994 dan 1998.

3 dari 5

MU Lewati Rekor Juara Liga Milik Liverpool

Liverpool dikenal sebagai pemilik trofi liga Inggris terbanyak dalam sejarah. Namun status tersebut hanya bertahan sampai musim 2010/11 dan sekarang dipegang oleh Manchester United.

Ya, The Red Devils memenangkan gelar Premier League yang ke-19 pada musim tersebut. Dominasi mereka terus berlanjut hingga trofi ke-21 berhasil diraih di musim 2012/13.

4 dari 5

Era Media Sosial Dimulai

Internet, yang lahir beberapa tahun setelah Liverpool juara terakhir kali, menghasilkan beberapa fitur yang bisa menghubungkan manusia dari berbagai tempat. Lalu kehadiran media sosial semakin mempererat.

Facebook pertama kali diperkenalkan Mark Zuckerberg pada tahun 2004. Lalu dua tahun berselang, Twitter mulai ikut merambah persaingan media sosial.

5 dari 5

VAR Lahir dan Dua Trofi Liga Champions Tambahan untuk Liverpool

Puasa gelar Premier League tidak membuat Liverpool tak berprestasi di pentas lainnya. Sebanyak 14 gelar telah sukses mereka kantongi dalam 30 tahun terakhir yang dua di antaranya berasal dari ajang Liga Champions.

Yang pertama mereka dapatkan pada tahun 2005. Kala itu, Liverpool membuat keajaiban dengan melakukan 'comeback' atas AC Milan di babak final. Kejadian itu dikenang dengan istilah 'Magis di Istanbul'.

Yang kedua, atau yang keenam jika ditotal, didapatkan pada tahun 2019 kemarin. Mereka berhasil mengalahkan Tottenham dalam laga final 'All-England' dengan skor 2-0.

Dan sebelum Liverpool juara Liga Champions untuk yang kedua kalinya, Video Assistant Referee diperkenalkan kepada publik. Teknologi ini bertujuan untuk membantu wasit dalam membuat keputusan yang berada di ranah 'abu-abu'.

Ada banyak polemik yang muncul saat VAR pertama kali diperkenalkan. Namun perlahan tapi pasti, kehadiran teknologi tersebut mulai bisa diterima oleh penikmat sepak bola di seluruh dunia.

(Goal International)