4 Pemain Berusia di Atas 30 Tahun yang Menjadi Pilar Manchester City

Ari Prayoga | 11 Agustus 2022 14:18
Selebrasi Erling Haaland usai mencetak gol di laga uji coba pramusim 2022, Bayern Munchen vs Manchester City (c) AP Photo

Bola.net - Sepak bola selalu menuntut fisik yang prima agar mencapai performa terbaik. Terlebih lagi jika pemain sepak bola bermain di liga profesional.

Usia 30 tahun sering kali menjadi batasan bagi setiap klub untuk merekrut atau memperpanjang kontrak pemain. usia 30 tahun dianggap menjadi batasan fisik pemain sepak bola yang sudah jauh menurun.

Tidak jarang para pemain berusia 30 tahun keatas memutuskan pensiun atau berstatus bebas transfer. Namun hal itu tidak berlaku pada semua pemain sepak bola termasuk pemain Manchester City.

Premier League yang terkenal ketat dan keras nyatanya tak menggoyahkan beberapa pemain Manchester City yang berusia 30 tahun. Bahkan ada beberapa pemain kepala tiga yang menjadi pilar kesuksesan Manchester City menjuarai Premier League dua musim terakhir.

Para pemain usia kepala tiga ini pun masih menjadi tulang punggung Manchester United di Premier League musim 2022/23 yang tayang di Vidio, SCTV, dan O Channel.

Siapa saja pemain itu? Berikut empat pilar Manchester City yang berusia 30 tahun.

1 dari 4 halaman

Kyle Walker

Pemain Manchester City, Kyle Walker. (c) AP Photo

Kyle Walker masih berstatus sebagai bek kanan terbaik di dunia. Ia menjadi andalan Manchester City sejak didatangkan dari Tottenham pada musim 2017/2018.

Namun siapa yang mengira Walker sudah berusia 32 tahun. Meskipun demikian, fisik Walker masih sangat luar biasa di usianya yang sudah berkepala tiga.

Dengan kualitas fisik yang luar biasa, Walker bahkan menjadi bek kanan paling sulit dilewati di Premier League. Ia menjadi pilihan utama Pep Guardiola mengalahkan bek muda lain seperti Issa Kabore.

Walker sudah membela Manchester City selama lima musim. Ia sudah mencatatkan 216 pertandingan dan membawa Manchester City menjuarai empat gelar Premier League.

2 dari 4 halaman

Ilkay Gundogan

Ilkay Gundogan dan Sara Arfaoui di perayaan Manchester City juara Premier League 2021/22 (c) Instagram/sarabenamira

Gelandang asal Jerman Ilkay Gundogan menjadi salah satu gelandang veteran yang bertahan di Manchester City. Gundogan yang berusia 31 tahun masih sangat dibutuhkan Pep Guardiola di Manchester City.

Gundogan yang bergabung pada musim 2016/2017 telah mencatatkan 253 pertandingan dengan kontribusi 49 gol dan 33 assist. Gundogan juga berhasil membawa Manchester City meraih empat gelar Premier League dari lima tahun terakhir.

Saat ini Gundogan menjabat sebagai kapten tim Manchester City. Selain karena kapten, Gundogan juga memiliki kemampuan mumpuni sebagai gelandang tengah. Kualitas passing dan trupas Gundogan sangat berguna bagi Manchester City yang bermain Possesion Ball.

3 dari 4 halaman

Kevin De Bruyne

Pemain Manchester City Kevin de Bruyne beraksi melawan West Ham pada pekan ke-1 Liga Inggris 2022/2023, Minggu 7 Agustus 2022. (c) AP Photo

Melihat permainan Kevin De Bruyne mungkin membuat sebagian orang tidak percaya bahwa dia sudah berusia 31 tahun. Di usianya itu De Bruyne masih menjadi salah satu playmaker terbaik di dunia.

Wajar saja, kontribusi De Bruyne sangat besar di Manchester City. De Bruyne bertugas menjadi otak serangan Manchester City sejak didatangkan dari Wolfsburg pada musim 2015/2016.

Tak hanya mengatur permainan, kualitas passing dan shooting De Bruyne salah satu yang terbaik di dunia. Hal ini terbukti dari torehan 86 gol dan 122 assist selama tujuh musim bersama Manchester City.

4 dari 4 halaman

Riyad Mahrez

Ekspresi Riyad Mahrez pada laga Derbi Manchester di pekan ke-28 Premier League 2021/2022 (c) AP Photo

Kedatangan banyak penyerang baru tidak membuat posisi Riyad Mahrez bergeser di Manchester City. Penyerang sayap kanan ini masih sangat produktif di usianya yang menginjak 31 tahun.

Permainan Mahrez memang sudah terlihat mencolok saat masih membela Leicester City. Namun konsistensi dan kemampuan Mahrez akhirnya meluluhkan hati Pep Guardiola untuk memboyongnya pada musim 2018/2019.

Harga 67,8 juta euro yang dibayarkan Manchester City dibayar lunas oleh Mahrez. Menjadi andalan Pep Guardiola, Mahrez telah mencetak 63 gol dan 45 assist dari 190 pertandingan.

Kemampuan Mahrez memang sangat komplit sebagai pemain sayap. Mahrez memiliki teknik tinggi dalam melewati lawan. Selain itu kualitas crossing dan finishing Mahrez sangat baik.

Sumber: Transfermarkt

(Bola.net/Ahmad Daerobby)

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR