4 Tahun Pep Guardiola di Man City: Habiskan Rp7.4 Triliun Hanya untuk Beli Bek

Asad Arifin | 29 September 2020 14:06
Josep Guardiola (c) AP Photo

Bola.net - Lini belakang masih menjadi titik lemah Manchester City. Padahal, hingga awal musim 2020/2021 ini, manajer Josep Guardiola sudah belanja hingga Rp7.4 triliun untuk membeli bek baru.

Musim 2020/2021 menjadi musim keempat Josep Guardiola bersama Man City. Dia ditunjuk untuk menukangi The Citizen pada Juli 2016 lalu. Sejauh ini, kiprah pria asal Spanyol berjalan bagus.

Guardiola mampu memberikan dua gelar Premier League untuk Man City. Mereka juga menjadi juara Carabao Cup tiga musim beruntun. Di Liga Champions, langkah Man City juga semakin apik walau belum juara.

Namun, kini Man City dihadapkan pada masalah besar di lini belakang. Saat berjumpa Leicester City, Man City kebobolan lima gol. Catatan ini menjadi pekerjaan besar bagi Pep Guardiola.

1 dari 2 halaman

Upaya Guardiola Bangun Benteng di Man City

Sejak musim pertamanya, Guardiola gencar mendatangkan bek baru. Misi untuk memperkuat pertahanan dimulai dengan membeli John Stones pada 2016 lalu. Pemain 26 tahun itu dibeli dari Everton.

Man City harus membayar 47 juta pounds untuk membeli Stones dari Everton.

Semusim kemudian, Man City lantas membeli Kyle Walker dari Tottenham dengan harga 45 juta pounds. Selain itu, Man City juga membeli Danilo dari Real Madrid dengan harga 26.5 juta pounds. Dia kemudian pindah pada Juli 2019.

Man City juga membeli Aymeric Laporte dari Athletic Bilbao pada 2017. Harga yang harus dibayar untuk pemain asal Prancis mencapai 57 juga pounds. Lalu, ada Benjamin Mendy yang dibeli dengan harga 49 juta pounds, tetapi gagal bersinar.

Seperti Laporter, Mendy juga berasal dari Prancis. Hanya saja, selain karena cedera, Mendy tidak mampu tampil konsisten.

2 dari 2 halaman

Man City Habiskan 389,5 Juta Pounds untuk Beli Bek

Nama-nama di atas belum membuat Pep Guardiola puas. Pada awal musim 2019/2020 lalu, Guardiola membawa Joao Cancelo dari Juventus. Bek berusia 26 tahun itu dibeli dengan harga 60 juta pounds. Namun, dia gagal tampil maksimal.

Pada awal musim 2020/2021, ada dua bek tengah yang telah dibeli. Nathan Ake dibeli dari Bournemouth dengan harga 41 juta pounds. Lalu, ada Ruben Dias yang dibeli dari Benfica dengan nilai total 64 juta pounds.

Selama empat tahun menjadi manajer Man City, Guardiola sudah belanja 389.5 juta pounds untuk membeli pemain bertahan. Baik itu bek tengah maupun bek sayap. Nilai itu berada pada kisaran Rp7.4 triliun.

Sumber: The Sun

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR