FOLLOW US:


5 Pelajaran dari Leeds United vs Arsenal, Makin Banyak PR, Mikel Arteta Makin Pusing

23-11-2020 07:35

 | Ari Prayoga

5 Pelajaran dari Leeds United vs Arsenal, Makin Banyak PR, Mikel Arteta Makin Pusing
Aksi Bernd Leno dalam laga Leeds United vs Arsenal, Minggu (22/11/2020) © Pool Getty via AP Photo

Bola.net - Arsenal membawa pulang satu poin dari kunjungan mereka ke markas Leeds United yang berakhir 1-1 dalam laga lanjutan Premier League 2020/21, Minggu (22/11/2020).

Sejumlah peluang emas diciptakan kedua tim di sepanjang laga. Namun, tak ada gol yang tercipta. Arsenal sendiri harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke- 51 usai Nicolas Pepe mendapat kartu merah.

Berkaca dari fakta tersebut, raihan satu poin dari lawatan ke salah satu tim kuda hitam musim ini tentu menjadi hasil yang cukup bagus bagi Arsenal.

Meski demikian, Mikel Arteta selaku manajer juga memiliki segudang pekerjaan rumah yang harus diselesaikan jika tak ingin timnya terus-menerus seperti ini.

Menukil Squawka, berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 5

Kalvin Phillips Nyawa Leeds

Setiap tim selalu memiliki satu pemain yang menjadi kunci permainan. Di tim Leeds asuhan Marcelo Bielsa, sosok tersebut dipegang oleh gelandang Kalvin Phillips.

Sebagai seorang gelandang jangkar, peran Phillips memang sangat krusial karena harus mendistribusikan bola ke segala arah, serta menjadi jembatan antara lini belakang dan depan.

Kualitas Phillips pun sekali lagi terbukti dalam laga kontra Arsenal. Pemain yang sudah dipanggil ke Timnas Inggris itu tercatat menjadi pemain yang paling sering melepas umpan, yakni 87 kali.

Menariknya, angka tersebut sangat jauh dari 25 kali umpan yang diberikan Granit Xhaka, pemain Arsenal yang sejatinya memiliki tugas hampir mirip dengan Phillips.

2 dari 5

Willian Lagi-Lagi Bapuk

Salah satu persoalan Arsenal saat ini adalah melempemnya performa Willian, pemain yang mereka bajak dari Chelsea pada musim panas kemarin.

Di awal musim, Willian sejatinya tampil cukup impresif dan sepertinya akan menjadi bintang baru Arsenal. Namun, semakin ke sini, performa Willian semakin menurun.

Dalam laga kontra Leeds, Willian tercatat sama sekali tak mampu menciptakan peluang sebelum akhirnya digantikan Reiss Nelson saat jeda turun minum.

3 dari 5

Petaka Nicolas Pepe

Arsenal mendapat pukulan telak setelah Pepe diganjar kartu merah oleh wasit karena kedapatan menanduk Ezgjan Allioski di awal babak kedua.

Insiden tandukan Pepe ini menjadi gambaran betapa buruknya performa Pepe di Arsenal, khususnya pada musim ini.

Sejauh ini Pepe baru dua kali mendapat kesempatan menjadi starter di Premier League musim ini, dan ia baru menciptakan satu gol.

4 dari 5

Bukti Kehebatan Marcelo Bielsa

Sejak sukses membawa Leeds promosi ke Premier League, banyak pihak yang memprediksi bahwa Marcelo Bielsa akan semakin menggemparkan sepak bola Inggris.

Prediksi tersebut tampaknya semakin mendekati kenyataan. Leeds tampil luar biasa pada musim ini, meski masih belum konsisten meraih kemenangan.

Tangan dingin Bielsa mampu membuat Leeds kini ditakuti oleh siapa pun lawan mereka, bahkan oleh tim-tim yang sudah menjadi langganan papan atas Premier League.

5 dari 5

Masalah Lini Depan Arsenal

Mikel Arteta tampaknya sudah menemukan formula yang cocok untuk mengatasi kelemahan timnya di sektor belakang yang kerap menimbulkan hasil negatif pada musim lalu.

Sayangnya, perbaikan lini belakang ini tak dibarengi dengan sisi lain. Berbanding terbalik dengan musim lalu, lini depan Arsenal justru tampil melempem pada musim ini.

Striker andalan Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang kini tercatat sudah delapan laga di liga tak pernah mencetak gol dari permainan terbuka.

Hingga pekan kesembilan, Arsenal tercatat baru mencetak sembilan gol. Arteta jelas harus segera menemukan solusi yang tepat dari masalah ini.

Sumber: Squawka