FOLLOW US:


5 Pelajaran Duel Arsenal vs West Brom: The Gunners Menang Sih, tapi...

10-05-2021 08:25

 | Ari Prayoga

5 Pelajaran Duel Arsenal vs West Brom: The Gunners Menang Sih, tapi...
Skuad Arsenal merayakan gol Willian ke gawang West Brom, Senin (10/5/2021) © Pool EPA via AP Photo

Bola.net - Arsenal sukses mengalahkan West Brom dengan skor 3-1 dalam partai Premier League 2020/21 pekan ke-35 yang digelar di Emirates Stadium, Senin (10/5/2021) dini hari WIB.

Tiga gol kemenangan Arsenal masing-masing diciptakan oleh Emile Smith Rowe, Nicolas Pepe, dan Willian. Sementara itu, West Brom sempat memperkecil ketinggalan berkat gol Matheus Pereira.

Berkat hasil ini, Arsenal berhak baik ke peringkat sembilan klasemen dengan poin 52, sedangkan West Brom terpuruk di peringkat 19 dengan poin 26 dan dipastikan terdegradasi ke Championship.

Sederet pelajaran bisa diambil dari kemenangan Arsenal atas West Brom ini. Berikut ulasan selengkapnya.

1 dari 5

Willian Akhirnya Pecah Telur

Setelah lebih sering mendapat kritik sejak didatangkan dari Chelsea pada awal musim, Willian akhirnya mencetak gil debutnya denga seragam The Gunners.

Menariknya, gol ini lahir dari tembakan tepat sasaran ketiga yang dicatatkan Willian sepanjang musim ini.

Ini juga menjadi gol kelima Willian dari eksekusi tendangan bebas langsung di Premier League. Dari Amerika Selatan, ia hanya kalah dari Nolberto Solano (9 kali).

2 dari 5

Clean Sheet Jadi Barang Langka

Terlepas dari kemenangan yang diraih, Arsenal tetap harus melakukan evaluasi secara serius karena mereka lagi-lagi harus kebobolan di kandang sendiri.

Arsenal tak mampu mencatatkan clean sheet di kandang sendiri dalam laga Premier League sejak Januari lalu ketika menjamu Manchester United.

Menariknya, gol West Brom yang diciptakan Matheus Pereira lahir dari tembakan tepat sasaran pertama The Baggies di Emirates Stadium.

3 dari 5

Noda di Karier Big Sam

Kekalahan ini memaksa West Brom harus kembali ke Championship. The Baggies hanya mampu bertahan selama semusim di kompetisi kasta tertinggi Inggris.

Menariknya, ini merupakan kali pertama dalam karier kepelatihannya, tim yang diasuh Sam Allardyce terdegradasi dari Premier League.

4 dari 5

Performa Menawan Bukayo Saka

Meski tak ikut mencatatkan namanya di papan skor, akan tetapi Saka ikut berkontribusi terhadap kemenangan Arsenal lewat sumbangan assist untuk gol Smith Rowe.

Secara keseluruhan, Saka tercatat melepas satu tembakan, serta melakukan dua dribble sukses. Tak hanya itu, pemain 19 tahun tersebut juga mencatatkan akurasi umpan hingga 83 persen, dan melepas dua umpan kunci.

Selain itu, Saka juga tujuh kali melakukan sentuhan di kotak penalti lawan, mengirim lima crossing, serta dua kali melakukan intersep.

5 dari 5

Sinar Matheus Pereira

Dari kubu West Brom, pemain yang paling menonjol tentu saja sang pencetak gol, Matheus Pereira. Bintang asal Brasil itu tampil impresif sepanjang 2x45 menit.

Pereira mencatatkan akurasi umpan hingga 88 persen, dengan melakukan 42 kali sentuhan. Ia juga melepas lima tembakan, lima crossing, serta masing-masing lima umpan ke sepertiga area lawan dan kotak penalti.

Matheus Pereira tercatat menjadi pemain West Brom pertama yang mencetak 10 gol di Premier League sejak Sadio Berahino pada musim 2014-15 silam.

Jika mampu mempertahankan konsistensi, bukan tidak mungkin Matheus Pereira akan tetap bermain di klub Premier League musim depan.