FOLLOW US:


5 Pemain Top Eropa dengan Kebugaran Fantastis: Siapa Lebih Tangguh dari Ronaldo?

02-12-2020 15:22

 | Asad Arifin

5 Pemain Top Eropa dengan Kebugaran Fantastis: Siapa Lebih Tangguh dari Ronaldo?
Bintang Juventus Cristiano Ronaldo. © AP Photo

Bola.net - Cristiano Ronaldo dikenal sebagai pemain dengan level kebugaran yang luar biasa. Pada usia 35 tahun, Ronaldo masih bermain secara reguler untuk Juventus dan timnas Portugal.

Kompetisi musim 2020/2021 digelar dengan jadwal yang padat. Ada banyak agenda yang digelar di sepak bola Eropa. Bukan hanya liga domestik, ada juga Liga Champions, Liga Europa, dan UEFA Nations League.

Pemain dari Afrika atau Amerika Setalan bahkan punya jadwal lebih padat saat panggilan tim nasional datang. Casemiro, Lionel Messi, atau Roberto Firmino harus terbang lintas benua demi bisa bermain untuk klub dan negaranya sekaligus.

Berikut ini lima pesepak bola yang memiliki tinggat kebugaran mengesankan, dari Bruno Fernandes hingga Cristiano Ronaldo.

1 dari 5

5. Antoine Griezmann (Barcelona, Timnas Spanyol)

5. Antoine Griezmann (Barcelona, Timnas Spanyol)
Selebrasi bintang Barcelona, Antoine Griezmann usai membobol gawang Osasuna, Minggu (29/11/2020) © AP Photo

Antoine Griezmann adalah salah satu pemain paling fit di dunia saat ini. Striker Timnas Prancis itu, terlepas dari performanya di klub yang masih angin-anginan, adalah pemain reguler untuk Barcelona dan Les Bleus.

Pemain Prancis itu merasa kesulitan sejak tiba di Barcelona musim panas lalu, dan hanya mencetak 19 gol dalam 60 pertandingan di semua kompetisi. Padahal sebelumnya ia menyumbang lebih dari 130 gol dalam 250 penampilan untuk Atletico Madrid.

Kini, nasib Griezmann tampaknya membaik di Barcelona. Dia telah mencetak tiga gol dalam empat pertandingan terakhirnya di La Liga.

Ia tercatat memainkan semua pertandingan Timnas Prancis dalam kualifikasi Piala Eropa 2020, menghasilkan delapan kontribusi gol (satu gol, tujuh assist).

Griezmann juga menjadi pemain reguler Les Bleus di UEFA Nations League, saat mencetak tiga gol dan mencatatkan assist dalam enam pertandingan untuk membawa Prancis ke final kompetisi.

2 dari 5

4. Romelu Lukaku ( Inter Milan, Timnas Belgia)

4. Romelu Lukaku ( Inter Milan, Timnas Belgia)
Striker Inter Milan, Romelu Lukaku. © AP Photo

Romelu Lukaku adalah salah satu penyerang tengah terbaik saat ini. Ia menorehkan awal yang gemilang di Inter Milan, dan telah mencetak 43 gol yang mengesankan hanya dalam 62 pertandingan sejak kedatangannya di Italia musim panas 2019.

Dia juga menjadi salah satu pemain paling fit di dunia, secara teratur bermain untuk klub dan negara dengan penuh percaya diri.

Musim lalu, berkat taktik mengeksploitasi pemain Belgia itu membantu Inter Milan meraih posisi kedua di Serie A - hanya terpaut satu poin dari sang juara Juventus. Lukaku juga berkembang pesat di kompetisi Eropa, dan telah mencetak tujuh gol dalam enam pertandingan untuk membawa klubnya ke final Liga Europa.

Bahkan di Timnas Belgia, Lukaku adalah pemain yang menonjol. Penyerang Inter itu telah mencetak 57 gol dalam 89 penampilan, dan menjadi kunci dalam perjalanan Belgia ke semifinal Piala Dunia FIFA 2018. Ia juga jadi pilar kesuksesan Belgia di kualifikasi Piala Eropa 2020 dan UEFA Nations League.

3 dari 5

3. Cristiano Ronaldo (Juventus, Timnas Portugal)

3. Cristiano Ronaldo (Juventus, Timnas Portugal)
Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo. © AP Photo

Cristiano Ronaldo tidak diragukan lagi adalah salah satu pemain terbaik yang menghiasi permainan sepak bola dunia saat ini. Dia juga merupakan salah satu pemain paling fit atau terbugar meski berusia pertengahan 30-an.

Selama kariernya yang cemerlang, kapten Portugal itu telah mencetak banyak gol dan memenangkan berderet gelar untuk klub dan negara. Meski telah berusia 35 tahun pada awal tahun ini, Ronaldo terus menjadi pemain kunci bagi Juventus dan Portugal.

Striker Juventus tersebut baru-baru ini menjadi pemain Eropa pertama dan posisi kedua secara keseluruhan yang mencetak 100 gol di kancah internasional alias untuk negaranya.

4 dari 5

2. Bruno Fernandes (Manchester United, Timnas Portugal)

2. Bruno Fernandes (Manchester United, Timnas Portugal)
Bruno Fernandes merayakan golnya ke gawang Everton © AP Photo

Bruno Fernandes seperti menghirup udara segar di Manchester United, dan telah memberikan kontribusi gol hampir di setiap pertandingan.

Sejak kedatangannya di Old Trafford pada Januari 2020, pemain asal Portugal itu hampir sendirian mengangkat performa tim yang biasa-biasa saja. Setan Merah dibantu meraih posisi ketiga di Liga Inggris musim lalu.

Fernandes juga menjadi salah satu pemain paling menonjol untuk klub Inggris tersebut pada musim ini. Ia telah mencetak sepuluh gol dalam 14 pertandingan di semua kompetisi, plus memberikan empat assist.

Fernandes kurang produktif untuk Portugal dan hanya mencetak dua gol dalam 25 pertandingan. Tetapi ia telah tampil secara reguler untuk negaranya sejak debut internasionalnya tiga tahun lalu.

Bintang Manchester United itu mencetak satu gol dalam kemenangan Portugal pada kualifikasi Piala Eropa 2020 tahun lalu dan juga tampil di UEFA Nations League tahun ini.

5 dari 5

1. Georginio Wijnaldum (Liverpool, Timnas Belanda)

1. Georginio Wijnaldum (Liverpool, Timnas Belanda)
Georginio Wijnaldum merayakan gol kemenangan Belanda atas Polandia, Kamis (19/11/2020) © AP Photo

Georginio Wijnaldum telah menjadi pemain kunci Liverpool dan Timnas Belanda. Pemain asal Belanda itu muncul dari bayang-bayang rekan setim sekaligus kompatiotnya, Virgil van Dijk, dengan mencetak tiga gol dalam kemenangan Belanda atas Bosnia dan Polandia di UEFA Nations League bulan lalu.

Penampilan apik Wijnaldum dikabarkan menarik minat klub-klub besar Eropa lainnya. Tentu saja, itu bukan kabar gembira bagi The Reds.

Gelandang serang tersebut mungkin belum membuka keran golnya untuk musim ini. Namun, ia telah membukukan 16 penampilan untuk klub di semua kompetisi, yang merupakan bukti kebugarannya yang mengesankan.

Wijnaldum tetap menjadi pemain kunci dalam rencana Jurgen Klopp pada musim yang sulit kali ini. The Reds mendapat ujian berat cedera jangka panjang Van Dijk dan Joel Matip.

Sumber: Sportkeeda

Disadur dari Bola.com (Penulis: Yus Mei Sawitri, 2 Desember 2020)