FOLLOW US:


5 Pemilik Klub Premier League Paling Tajir, Sheikh Mansour Gak Ada Obat!

19-11-2020 17:26

 | Serafin Unus Pasi

5 Pemilik Klub Premier League Paling Tajir, Sheikh Mansour Gak Ada Obat!
Sheikh Mansour © AFP

Bola.net - Premier League menjadi salah satu liga yang klub-klubnya begitu bernilai besar. Tak jarang, belanja besar dengan harga jor-joran dilakukan beberapa klub Premier League. Hal yang bisa terjadi berkat uang dari pemilik klub yang begitu melimpah.

Bahkan di kala liga-liga lain melakukan pengiritan akibat krisis karena pandemi COVID-19, klub Premier League masih bisa berbelanja lebih dari 1 miliar poundsterling, yang berada dikisaran 18,7 triliun rupiah.

Bahkan klub seperti Chelsea tidak memperlihatkan krisis sama sekali dan berbelanja besar-besaran dan setidaknya menghabiskan 220 juta poundsterling atau sekitar 4 triliun rupiah. Hal yang sebenarnya sudah lumrah dilakukan sejak kedatangan Roman Abramovich sebagai bos ke Chelsea.

Hal serupa juga dialami Manchester City yang berubah menjadi salah satu raksasa sepak bola yang salah satu faktornya berasal dari dana Sheikh Mansour. Saudagar kelahiran Abu Dhabi tersebut datang pada 2008 dan langsung menyulap City sebagai salah satu klub terkaya.

Lalu di Premier League musim ini siapa saja pemilik klub paling kaya yang ada? Berikut lima daftar teratas yang kini menjadi pemilik terkaya di Premier League.

1 dari 5

5. Aston Villa - Nassef Sawiris (?5.5bn)

5. Aston Villa - Nassef Sawiris (?5.5bn)
Ollie Watkins dibayangi oleh Roberto Firmino di laga Aston Villa vs Liverpool di Villa Park, Senin (05/10/2020). © Pool EPA via AP Photo

Aston Villa tidak butuh waktu lama ketika klubnya terpuruk di divisi Championship. Villa banyak melakukan perubahan berkat kedatangan Nassef Sawiris sebagai pemilik saham terbesar di klub.

Pada 2018, Nassef Sawiris membeli klub tersebut dan hanya setahun berada sebagai pemilik klub, Aston Villa berhasil naik kembali ke Premier League dengan beberapa perubahan yang terjadi. Kini Nassef Sawiris memiliki kekayaan sebesar 5,5 miliar poundsterling yang setara dengan 103 triliun rupiah.

Di bursa transfer awal musim, Aston Villa telah membelanjakan sebesar 70 juta poundsterling untuk memperkuat timnya setelah sebelumnya berjuang di zona degradasi.

2 dari 5

4. Fulham - Shahid Khan (?5.8bn)

4. Fulham - Shahid Khan (?5.8bn)
Selebrasi pemain Fulham usai memastikan promosi ke Premier League. © AP Photo

Klub yang baru promosi kembali musim ini ke Premier League Fulham dimiliki oleh Shahid Khan konglomerat berdarah Pakistan yang membeli klub sejak 2013. Fulham juga sebelumnya sempat belanja besar-besaran sebelum terdegradasi musim 2018/19.

Di musim tersebut, Fulham menghabiskan lebih dari 100 juta poundsterling lebih untuk memperkuat tim. Sayangnya klub gagal total dan akhirnya degradasi dan musim ini telah kembali lagi.

Kini Fulham tetap berbelanja menghabiskan 33 juta poundsterling untuk musim ini. Total kekayaan yang dimiliki Shahid Khan adalah 5,8 miliar poundsterling setara 109 triliun rupiah.

3 dari 5

3. Arsenal - Stan Kroenke (?6.8bn)

3. Arsenal - Stan Kroenke (?6.8bn)
Stan Kroenke © AFP

Arsenal sedari dulu dikenal sebagai klub yang irit dalam urusan membeli pemain di bursa transfer. Namun, di balik hal tersebut Arsenal sebenarnya dimiliki oleh Stan Kroenke pebisnis asal Amerika Serikat.

Stan Kroenke kini memiliki kekayaan sebesar 6,8 miliar poundsterling setara dengan 127 triliun rupiah. Kroenke juga dikenal banyak memegang saham untuk berbagai klub di Amerika Serikat seperti Colorado dan Los Angeles Rams.

Musim ini Arsenal hanya berbelanja sekitar 76 juta poundsterling dengan Thomas Partey menjadi yang termahal sebesar 50 juta euro.

4 dari 5

2. Chelsea - Roman Abramovich (?8.5bn)

2. Chelsea - Roman Abramovich (?8.5bn)
Roman Abramovich © Ist

Chelsea mendapatkan suntikan dana yang besar sejak diambil alih oleh Roman Abramovich pada tahun 2003. Selama kekuasaannya hingga saat ini, Chelsea menjadi klub yang tidak segan-segan membeli satu pemain dengan harga mahal.

Bahkan di kondisi krisis akibat pandemi COVID-19 musim ini, Chelsea belanja tujuh pemain yang harganya mencapa 220 juta poundsterling. Paling mahal adalah Kai Havertz yang dibeli sebesar 71 juta poundsterling.

Harga tersebut menjadi tidak masalah karena itu merupakan bagian kecil dari Roman Abramovich yang memiliki kekayaan sebesar 8.5 miliar poundsterling setara 159 triliun rupiah.

5 dari 5

1. Man City - Sheikh Mansour (?23.3bn)

1. Man City - Sheikh Mansour (?23.3bn)
Ilkay Gundogan (kiri) merayakan gol bersama rekan setimnya, Manchester City vs Porto, Liga Champions 2020/21 © AP Photo

Sheikh Mansour menjadi yang nomor satu untuk urusan kekayaan di Premier League. Bahkan kekayaan yang dimilikinya hampir tiga kali lipat dari yang dimiliki Roman Abramovich. Sheikh Mansour memiliki kekayaan sebesar 23,3 miliar poundsterling atau sebesar 439 triliun rupiah.

Di era kepemilikannya kini, Sheikh Mansour bahkan beberapa kali mencetak rekor transfer klub. Dengan Rodri musim lalu menjadi yang termahal sebesar 62,5 juta poundsterling, musim ini City tidak berhenti belanja dan telah mengeluarkan dana sebesar 152 juta poundsterling.

Pembelian termahal musim ini dimiliki Ruben Dias yang diangkut dari Benfica seharga 60 juta poundsterling.

Sumber: Transfermarkt, Sportbible

(Bola.net/Muhamad Raka Saputra)