FOLLOW US:


5 Rekor Dunia yang Dipecahkan Cristiano Ronaldo, Mana yang Paling Spektakuler?

07-09-2021 17:14

 | Serafin Unus Pasi

5 Rekor Dunia yang Dipecahkan Cristiano Ronaldo, Mana yang Paling Spektakuler?
Cristiano Ronaldo mencetak gol ke-111 bersama timnas Portugal saat berjumpa Rep. Irlandia, Kamis (2/9/2021) dini hari WIB © Official Twitter Portugal

Bola.net - Cristiano Ronaldo memanglah salah satu sepak bola paling sukses dalam satu dekade terakhir. Gol demi gol, rekor demi rekor ia pecahkan dan menunjukan dia merupakan salah satu pemain terbaik di dunia.

Normalnya, di usianya yang sudah menginjak 36 tahun beberapa pemain tidak akan bermain di liga top Eropa, serta menjadi tulang punggung bagi tim. Beberapa pemain di usianya biasanya hanya bermain di liga kecil, bahkan sudah pensiun.

Superstar Portugal tersebut berkali-kali memecahkan rekor bagi klub, maupun negara yang ia bela. Keberadaan Ronaldo seakan memberikan dampak yang sangat signifikan bagi tim yang ia dampingi. Beberapa waktu lalu ia sendiri mengejutkan penggemar sepak bola dunia dengan kembalinya dirinya untuk membela Manchester United yang pernah membesarkan namanya.

Kami sudah mencatat dan merangkum setidaknya lima rekor dunia yang sudah ia ciptakan. Apa sajakah rekor tersebut? Simaklah catatannya dibawah ini!

1 dari 5

Pemain Tertua Yang Berhasil Mencetak Hattrick

Pemain Tertua Yang Berhasil Mencetak Hattrick
Selebrasi Cristiano Ronaldo usai mencetak gol di laga Portugal vs Prancis, Euro 2020 © AP Photo

Umur bukanlah masalh bagi pemain yang dijuluki G.O.A.T ini. Ia pernah mencetak hattrick di usianya yang sudah menginjak 33 tahun saat membela Portugal menghadapi Spanyol.

Saat itu ia membantu Portugal terhindar dari kekalahan dengan mencetak gol melalui free kick yang mengunci skor menjadi imbang 3-3 saat bertemu dengan tim Matador saat itu.

Ronaldo memang melambat seiring berjalannya waktu, ia juga berganti posisi dari sayap menjadi striker, berbeda dengan Messi yang permainannya saat ini dinilai cukup masih agresif dan masih aktif berlari seperti dulu. Meski begitu keduanya tetap menjadi mimpi buruk bagi para kiper dan pemain bertahan karena gol yang mereka cetak.

Dalam gelaran Euro 2020 ia sendiri menjadi pencetak gol terbanyak dengan lima gol selama bermain pada turnamen tersebut, selain itu ia juga menjadi top skor sepanjang masa Euro dengan 14 gol.

2 dari 5

Rekor Gol Beruntun di UCL

Rekor Gol Beruntun di UCL
Cristiano Ronaldo. © AFP

Dalam sejarah Liga Champions, Cristiano merupakan pemain paling bersejarah dan paling gila dalam catatannya mencetak gol, ia juga terpantau masih jauh dari rivalnya Lionel Messi sebagai top skor Liga Champions.

Ronaldo juga pernah mencetak gol secara berurutan dari sebelas pertandingan yang ia lakoni bersama El Real saat itu. Saat itu Real Madrid dan Ronaldo masih di cap sebagai tim terbaik dan pemain terbaik yang ada di dunia.

Bersama El Real ia bahkan mencetak sejarah baru dengan memenangkan tiga trofi Liga Champions secara beruntun yang dimana sampai saat ini belum ada tim yang mampu melakukan hal tersebut setelah formatnya diubah menjadi UEFA Champions League.

Ronaldo memang selalu menjadi pembeda bahkan sering sekali melakukan comeback dengan Real MAdrid maupun Juventus saat dirinya bertanding. Ia juga membantu Los Blancos yang kesulitan meraih La Decima (trofi kesembilan) setelah bertahun - tahun sejak Zinedine Zidane dan Luis Figo masih aktif bermain dan memenangkan trofi kedelapan milik El Real.

3 dari 5

Atlet Pria Terpopuler di Wikipedia

Atlet Pria Terpopuler di Wikipedia
Cristiano Ronaldo ketika berlatih bersama timnas Portugal jelang Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Rep Irlandia. © AP Photo/Armando Franca

Selain terbaik, ia juga sangat populer, terbukti ia menjadi pemain yang paling disorot hingga seluruh dunia, bahkan sangat mustahil menemui orang awam pun tidak mengetahui Cristiano Ronaldo sekalipun.

Kehadirannya pada platform media sosial jelas mendapatkan dokumentasi yang sangat indah yang membuat banyak publik mengikuti rekam jejak dirinya, sampai saat ini ia merupakan salah satu ikon terbesar bagi olahraga dunia dan sepak bola.

Bahkan dalam forum halaman wikipedia, dirinya menjadi atlet yang paling banyak dilihat. Penyerang terbaru Manchester United ini jelas memiliki ketenaran tersebut berkat rekam jejak dan keingintahuan publik mengenai dirinya dan kehidupannya.

4 dari 5

Gol Terbanyak Dalam Kompetisi Eropa

Gol Terbanyak Dalam Kompetisi Eropa
Bintang Portugal, Cristiano Ronaldo merayakan gol melawan Republik Irlandia, Kamis (2/9/2021) © AP Photo

Ronaldo bersama Manchester United dikenal dengan kelihaiannya sebagai pencetak gol dan membantu tim memenangkan pertandingan. Namun saat berkostum Real Madrid ia berubah menjadi mesin pencetak gol yang selalu konsisten.

Ia sempat mencetak 17 gol dalam sebelas pertandingan saja di Liga Champions yang sampai saat ini belum mampu dipecahkan dari Lionel Messi. Ia juga menjadi top skor sepanjang sejarah El Real dengan 451 gol dari 9 tahun ia bersama Los Blancos.

Dengan berbagai rekor tersebut, lengkap sudah Cristiano menciptakan banyak rekor bagi kompetisi Eropa diantaranya :

  • Gol internasional terbanyak (111)
  • Gol Liga Champions Terbanyak (134)
  • Gol terbanyak sepanjang masa untuk Real Madrid (451)
  • Gol terbanyak di Piala Eropa (14)
5 dari 5

Gol Terbanyak Pada Kancah Internasional

Gol Terbanyak Pada Kancah Internasional
Selebrasi Cristiano Ronaldo bersama Joao Mario setelah mencetak gol kedua ke gawang Rep Irlandia, Kamis (2/9/21) di Kualifikasi Piala Dunia 2022. © AP Photo/Armando Franca

Dua gol melawan Irlandia beberapa hari lalu, membuatnya kembali memecahkan rekor sebagai pemain dengan jumlah gol terbanyak dalam kompetisi internasional. Sebelumnya ia masih bertengger pada posisi kedua setelah memiliki jumlah gol yang sama dengan Ali Daei, yakni 109 gol.

Kini Ronaldo sudah mencetak 111 gol dari 180 pertandingan yang ia lalui bersama Timnas Portugal. Uniknya kedua gol yang ia ciptakan tersebut, keduanya merupakan gol melalui sundulan dari dirinya.

Dengan ini Ronaldo resmi menjadi pemain dengan jumlah gol terbanyak dalam kancah internasional dengan 111 gol miliknya, gol tersebut bisa akan terus bertambah, mengingat ia selalu berada dalam papan top skor di kompetisi manapun, ia akan membuat rekor yang akan sulit dipecahkan oleh para pemain muda yang sedang unjuk gigi saat ini.

(Bola.net/Risditya)