FOLLOW US:


6 Pemain Akademi MU Yang Diberi Debut Oleh Jose Mourinho, Bagaimana Nasibnya Kini?

04-12-2020 16:45

 | Aga Deta

6 Pemain Akademi MU Yang Diberi Debut Oleh Jose Mourinho, Bagaimana Nasibnya Kini?
Jose Mourinho © AFP

Bola.net - Jose Mourinho pernah menjadi bagian dari Manchester United. Pria asal Portugal itu menukangi Setan Merah selama dua setengah musim.

Selama bekerja di Old Trafford, Mourinho banyak membeli pemain. Salah satunya adalah Paul Pogba yang didatangkan dengan status pemain termahal kala itu.

Mourinho memang menyukai pemain yang sudah jadi. Namun, The Special One juga tak segan memberikan kesempatan kepada pemain muda.

Mourinho sempat memberikan peluang kepada pemain akademi United untuk bermain di tim utama. Namun, apakah ada pemain akademi yang diorbitkan Mourinho itu menjadi sukses?

Berikut ini adalah 6 pemain dari akademi MU yang diberikan kesempatan bermain di tim utama oleh Mourinho seperti dilansir Planet Football.

1 dari 6

Axel Tuanzebe

Axel Tuanzebe
Pemain Manchester United, Axel Tuanzebe, mencoba melewati penggawa FC Astana dalam laga fase grup Liga Europa hari Kamis (28/11/2019). © AP Photo

Axel Tuanzebe berada di Manchester United sejak usia delapan tahun. Dia pertama kali tampil di tim utama sebagai pemain pengganti di babak kedua dalam kemenangan 4-0 atas Wigan di Piala FA pada Januari 2017.

Bek tengah itu membuat tujuh penampilan lagi di bawah Mourinho sebelum menjalani dua masa peminjaman di Aston Villa. Dia membantu klub memenangkan promosi ke Premier League pada periode keduanya di klub.

Cedera telah menghentikan kemajuannya. Namun, Tuanzebe berharap bisa memantapkan dirinya sebagai pemain reguler di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer pada 2020-21.

2 dari 6

Joel Pereira

Joel Pereira
Joel Pereira © AFP

Pereira membuat penampilan pertamanya di tim senior di bawah Jose Mourinho saat melawan Wigan pada Januari 2017. Dia menggantikan Sergio Romero di menit ke-80.

“Kami memiliki penjaga gawang ketiga yang menurut saya akan menjadi penjaga gawang Portugal terbaik dari generasi berikutnya sehingga siapa pun yang berada di gawang saya percaya sepenuhnya,” kata Mourinho pada 2017.

Pemain berusia 24 tahun itu tercatat masih berstatus pemain United meski tidak bermain untuk klub selama lebih dari tiga tahun. Pereira saat ini dipinjamkan ke ke klub Championship Huddersfield.

3 dari 6

Scott McTominay

Scott McTominay
Gelandang Manchester United, Scott Mctominay. © AP Photo

Mourinho memberi McTominay debut pada Mei 2017 sebagai pemain pengganti melawan Arsenal. Bahkan Mourinho memberikannya penghargaan 'Pemain Terbaik MU Pilihan Manajer' kepada pemain Skotlandia tersebut pada 2018.

“Jose sangat spesial bagi saya. Dia masih tetap berhubungan dengan saya sekarang dan bahkan setelah beberapa pertandingan,” kata McTominay kepada Sky Sports pada 2019.

“Dia akan selalu mendapat tempat istimewa di hati saya dan keluarga saya karena dialah yang memberi saya kesempatan, dialah yang mempercayai Anda, dialah yang percaya kepada Anda.

"Saya sangat berhutang budi padanya karena jika bukan karena dia, saya mungkin belum tentu duduk di kursi ini."

4 dari 6

Demetri Mitchell

Demetri Mitchell
Demetri Mitchell © AFP

Mitchell melakukan debutnya untuk Manchester United melawan Crystal Palace pada 2017. Mourinho saat itu mengistirahatkan sebagian besar pemain tim utama menjelang kemenangan final Liga Europa atas Ajax.

“Saya harus menghormati Jose,” kata Mitchell kepada edinburghlive pada 2019. “Dia memberi saya debut United jadi dia telah menjadi sosok penting dalam karier saya. Dia membawa saya dalam tur dua kali dengan tim utama United dan saya belajar banyak di bawah manajemennya.

“Dia orang baik. Dia tidak selalu seperti yang Anda lihat di media. Di balik layar, Anda mendapatkan karakter yang sama sekali berbeda. "

Mithcel tidak dapat menambah penampilannya lagi dan menjalani dua masa peminjaman terpisah dengan tim Skotlandia Hearts sebelum absen sepanjang musim 2019-20 karena cedera lutut.

Pemain berusia 23 tahun itu dilepas oleh United pada 2020 dan bergabung dengan tim League One Blackpool dengan kontrak dua tahun.

5 dari 6

Josh Harrop

Josh Harrop
Josh Harrop © Ist

Harrop menandai debutnya di Manchester United dengan gol pembuka dalam kemenangan 2-0 atas Crystal Palace. Namun, itu kemudian menjadi satu-satunya penampilannya untuk klub.

Meskipun ditawari kontrak baru di Old Trafford, ia memutuskan untuk bergabung dengan tim Championship Preston North End untuk bermain lebih banyak di tim utama.

Pemain berusia 24 tahun itu bergulat dengan cedera selama tiga tahun terakhir. Namun, dia mencetak delapan gol dalam 36 penampilan untuk Lilywhites pada 2019-20.

6 dari 6

Angel Gomes

Angel Gomes
Angel Gomes Merayakan Golnya ke Gawang Tottenham Hotspur © Manchester United Official

Masuk sebagai pemain pengganti dalam kemenangan atas Crystal Palace pada usia 16 tahun, Gomes menjadi debutan termuda klub sejak Duncan Edwards pada 1953.

Sang gelandang dipuji sebagai pemain besar berikutnya. Namun, Gomes hanya membuat sembilan penampilan lagi di semua kompetisi selama tiga musim berikutnya.

Setelah kesulitan mendapat peluang di tim utama, Gomes menolak kontrak baru di Old Trafford dan bergabung dengan klub Prancis Lille dengan status bebas transfer pada 2020.

Pemain berusia 20 tahun itu langsung dipinjamkan ke Boavista dan sudah mencetak tiga gol dalam enam penampilan pertamanya untuk tim Portugal itu.

Sumber: Planet Football