FOLLOW US:


Ada Dua Syarat Premier League Dilanjutkan Kembali, Apa Saja?

02-04-2020 10:40

 | Richard Andreas

Ada Dua Syarat Premier League Dilanjutkan Kembali, Apa Saja?
Bola resmi pertandingan Premier League. © EPL

Bola.net - Perwakilan Professional Footballers' Association (PFA), Premier League, EFL, dan League Managers Association (LMA), bertemu pada Rabu (1/4/2020) waktu setempat untuk membahas tantangan yang dihadapi sepak bola di tengah pandemi virus corona ini. Mereka menyepakati dua syarat penting jika ingin melanjutkan sepak bola.

Semua aktivitas sepak bola Inggris dihentikan sementara sajak bulan lalu. Premier League dan EFL mengumumkan bahwa tidak akan ada pertandingan sampai 30 April 2020, tapi tenggat itu pun bisa molor jika pandemi tidak segera mereda.

Menghadapi ketidakpastian seperti ini bukan perkara mudah. Premier League harus mengambil tindakan-tindakan tidak biasa di tengah situasi yang tidak biasa juga.

Sebab itu, pada pertemuan Rabu kemarin, para petinggi menyepakati dua syarat untuk memainkan sepak bola kembali. Apa saja?

1 dari 2

Aman dan Pantas

Ada banyak masalah yang muncul akibat musim ditunda, salah satu yang paling besar adalah masalah finansial. Klub-klub akan kesulitan tanpa pertandingan, arus pendapatan mereka macet.

Mereka tahu sepak bola harus segera dilanjutkan lagi untuk menyelamatkan banyak klub. Namun, pada pertemuan kemarin, Premier League dan semua pihak sepakat untuk hanya memainkan sepak bola kembali jika dua syarat terpenuhi: aman dan layak.

"Perwakilan senior dari PFA, Premier League, EFL, dan LMA bertemu hari ini dalam pertemuan mengenai tantangan yang akan dihadapi sepak bola akibat pandemi Covid-19," tulis pernyataan resmi gabungan empat elemen tersebut.

"Pertemuan itu menegaskan kembali bahwa prioritas utama adalah kesehatan dan kesejahteraaan bangsa -- termasuk para pemain, pelatih, manajer, staf klub, dan suporter -- dan semua sepakat bahwa sepak bola bisa kembali ketika situasinya sudah aman dan pantas."

2 dari 2

Belum Ada Keputusan

Pertemuan itu memang belum mengambil keputusan besar apa pun, tapi sebenarnya memang belum selesai. Masih ada beberapa masalah yang harus dibicarakan bersama, termasuk gaji pemain, beban finansial klub, dan kemungkinan memperpanjang musim.

"Tidak ada keputusan apa pun yang diambil hari ini, sebab diskusi ini akan dilanjutkan pada 48 jam ke depan dengan fokus kepada masalah-masalah yang cukup besar, termasuk gaji pemain dan kelanjutan musim 2019/20 ini."

Saat ini masalah terbesar yang dihadapi sebagian besar klub adalah krisis finansial. Mereka kesulitan terus membayar staf ketika tidak ada pemasukan.

Sumber: Sky Sports