FOLLOW US:


Apa Lagi yang Bisa Diperbaiki Liverpool Demi Trofi Premier League Musim Ini?

07-01-2020 13:20

 | Yaumil Azis

Apa Lagi yang Bisa Diperbaiki Liverpool Demi Trofi Premier League Musim Ini?
Para pemain Liverpool merayakan gol Sadio Mane ke gawang Wolverhampton di Anfield. © AP Photo

Bola.net - Liverpool nampak tak tersentuh di ajang Premier League musim ini. Mereka telah melewati 20 pertandingan dan belum pernah merasakan kekalahan sama sekali.

Sayang, klub besutan Jurgen Klopp tersebut belum mampu menyapu bersih semua pertandingan dengan kemenangan. Ada setitik noda yang mengotori torehan apik mereka pada musim ini, yakni satu hasil imbang.

Lebih parahnya lagi, noda tersebut datang dari salah satu rival bebuyutannya, Manchester United. Kedua tim itu meraih hasil imbang 1-1, di mana the Red Devils yang bertindak sebagai tuan rumah sempat unggul lebih dulu.

Terlepas dari itu, Liverpool tetaplah kandidat terkuat peraih trofi juara Premier League musim ini. Bagaimana tidak, klub berjuluk the Reds itu unggul 13 poin atas penghuni posisi kedua dan masih menyisakan satu pertandingan.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 3

Mumpuni di Setiap Lini

Kiprah apik Liverpool pada musim ini tidak bisa lepas dari kehadiran pemain yang mumpuni pada setiap sektor. Tak perlu sosok seperti Lionel Messi ataupun Cristiano Ronaldo, Liverpool bisa bicara banyak di berbagai ajang bergengsi.

Sang pelatih, Jurgen Klopp, harus diberikan aplaus untuk ini. Ia bersabar dalam membangun tim yang ideal sejak tahun 2015 silam dan melengkapi satu persatu kepingan puzzle-nya.

Skuat Liverpool sudah benar-benar terbentuk sewaktu mereka mendatangkan Alisson Becker dari AS Roma pada tahun 2018 lalu. Ia menggeser Loris Karius yang membuat blunder fatal dalam final Liga Champions kontra Real Madrid.

Skuat sudah begitu apik, di mana beberapa sektor penting telah terpenuhi. Lantas, apa lagi yang bisa dilakukan oleh manajemen agar Liverpool bisa menggenggam trofi Premier League di bursa transfer ini?

2 dari 3

Transfer

Pada bursa transfer musim dingin ini, Liverpool telah mendatangkan dua pemain anyar. Satu di antaranya adalah wajah lama yang dipanggil dari masa pinjamannya bersama Stuttgart, Nathaniel Phillips.

Kemudian, di bursa transfer musim dingin ini juga, the Reds berhasil mendatangkan Takumi Minamino dari RB Salzburg. Kehadiran pemain asal Jepang itu membuat setiap sektor di lini depannya terpenuhi.

Untuk sektor gelandang, Liverpool sudah tak membutuhkan tambahan tenaga. Perlu diketahui bahwa mereka masih memiliki lima pemain untuk mengisi tiga slot di lini tengah kendati telah ditinggal dua sosok karena cedera.

Lalu apa yang dibutuhkan Liverpool saat ini? Ya, tambahan di sektor bek sayap. Perlu diketahui bahwa the Reds hanya memiliki tiga pemain untuk mengisi pos tersebut, dan salah satunya sedang mendekam di ruang perawatan.

Kini mereka hanya menyisakan Trent Alexander-Arnold dan Andrew Robertson saja. Beruntungnya, kedua pemain itu selalu tampil apik di setiap pertandingan yang dilakoni oleh Liverpool musim ini.

Sebenarnya, pemain seperti Joe Gomez bisa ditempatkan di posisi tersebut. Namun mengingat stok pemain di jantung pertahanan Liverpool yang sedikit, maka bukan hal yang bijak kalau mereka tak menambah daya pada sektor itu.

3 dari 3

Urgensi

Dalam aspek kuantitas, Liverpool memang kekurangan di sektor sayap. Namun apakah mereka sudah diharuskan untuk mendatangkan pemain anyar di sektor tersebut?

Ya, Liverpool sedang dihantam badai cedera. Tetapi perlu diketahui bahwa tidak semua dari mereka harus menepi selama berbulan-bulan.

Bahkan Nathaniel Clyne, yang mengalami cedera ACL, diperkirakan sudah bisa merumput kembali pada awal bulan Februari mendatang. Dan jika Liverpool benar membawa pemain baru, maka persaingan akan terasa semakin berat.

Satu-satunya alasan mengapa Liverpool harus membeli pemain baru adalah untuk mencari pengganti yang ingin keluar dari Anfield. Namun sejauh ini, pemain Liverpool sangat jauh dari rumor-rumor transfer yang bertebaran.