FOLLOW US:


Apabila Granit Xhaka Lengser, Siapa Layak Jadi Kapten Arsenal Berikutnya?

29-10-2019 10:20

 | Richard Andreas

Apabila Granit Xhaka Lengser, Siapa Layak Jadi Kapten Arsenal Berikutnya?
Granit Xhaka © AP Photo

Bola.net - Granit Xhaka tengah menghadapi masalah besar di Arsenal. Akibat reaksi negatif yang dia tunjukkan saat ditarik keluar saat melawan Crystal Palace lalu, ban kapten The Gunners tak lagi aman di lengannya.

Xhaka menunjukkan reaksi buruk sebagai kapten. Tampaknya dia tidak terima dicemooh fans. Xhaka tidak bisa mengontrol emosi lalu meluapkan amarah dengan umpatan pada publik Emirates Stadium.

Kapten tim seharusnya bisa lebih dewasa dan memberi contoh, tapi Xhaka justru melakukan sebaliknya. Sebab itu, kabarnya pihak klub bakal mengundang Xhaka dan Unai Emery dalam pertemuan internal.

Kabarnya pertemuan itu bakal membicarakan status Xhaka sebagai kapten. Mungkinkah dicopot? Baca selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Dukungan Suporter

Pemain sehebat apa pun tidak akan bisa bertahan hidup tanpa fans. Sepak bola ada karena fans, Arsenal bertahan karena fans. Nahasnya. Xhaka justru membuat masalah dengan fans.

Analis Premier League, Charlie Nicholas, percaya bahwa saat ini pihak klub tengah memikirkan ulang posisi Xhaka sebagai kapten. Tidak mungkin memilih kapten yang bermasalah dengan fans.

"Saya kira bos-bos Arsenal, tidak hanya Unai Emery, mungkin bakal mengamati situasi ini dan berpikir tentang apa arti Arsenal? Mereka punya pemain-pemain hebat, punya sejarah hebat, tapi jika tidak punya suporter, Arsenal tidak akan punya jiwa, tidak ada kehidupan," buka Nicholas kepada Sky Sports.

"Fans akan selalu menjadi elemen terpenting dari klub sepak bola, jadi Xhaka harus mau menerima itu. Saya bakal terkejut jika melihat dia lagi sebagai kapten Arsenal."

2 dari 2

Siapa Kapten Berikutnya?

Seandainya Xhaka jadi dicopot, siapa yang layak mengenakan ban kapten? Masalah ini sebenarnya sudah lama mengganggu Arsenal, mereka tidak punya pemain yang cukup berpengaruh dalam skuad.

"Masalah kapten dan kurangnya pemimpin dalam tim Arsenal sudah menjadi masalah dalam lima atau enam tahun terakhir. Fans Arsenal kembali frustrasi karena mereka melihat tim yang sama seperti dahulu," lanjut Nicholas.

"Melihat situasi sekarang, siapa pun bisa jadi kapten Arsenal, tapi saya kira David Luiz bakal terpilih. Dia sudah pernah menjadi juara dan dia punya segudang pengalaman."

"Biarkan dia memimpin tim dan bertanggung jawab pada pelatih, dengan demikian Arsenal bisa fokus bermain. Ini sebuah awal," pungkasnya.

Sumber: Sky Sports