FOLLOW US:


Arsene Wenger Skeptis Terhadap Demo Fans MU: Apakah Itu Mewakili Mayoritas?

03-05-2021 09:01

 | Asad Arifin

Arsene Wenger Skeptis Terhadap Demo Fans MU: Apakah Itu Mewakili Mayoritas?
Aksi protes fans Manchester United di Old Trafford © PA via AP Photo

Bola.net - Mantan manajer Arsenal, Arsene Wenger, skeptis terhadap aksi demo anti Glazer yang dilakukan fans Manchester United. Wenger tidak yakin aksi itu mewakili suara mayoritas para pendukung Setan Merah.

Seperti diketahui, fans United melakukan aksi demo pada Minggu (2/5/2021) malam WIB. Aksi itu digelar di sekitar Old Trafford. Tuntutan utama dari aksi tersebut adalah meminta Keluarga Glazer segera menjual klub.

Aksi berjalan panas. Sejumlah bom asap disulut. Suporter bahkan mampu merangsek masuk ke Old Trafford. Hal ini membuat laga Manchester United vs Liverpool harus ditunda karena situasi tidak kondusif.

1 dari 2

Keraguan Arsene Wenger

Fans United bukan satu-satunya yang menggelar demo turun ke jalan. Beberapa waktu lalu, fans Chelsea dan Arsenal juga melakukan hal yang sama. Fans Arsenal mengusung tuntutan mirip dengan United, #KronkoeOut.

Wenger pun angkat suara dengan apa yang terjadi di sepak bola Inggris beberapa pekan terakhir. Wenger merasa bahwa aksi yang dilakukan fans United belum tentu mewakili suara mayoritas suporter.

"Pertama-tama Anda harus tahu lebih dulu apakah ini [suara] mayoritas," kata Wenger kepada beIN SPORTS.

"Kita hidup dalam masyarakat di mana pengunjuk rasa tidak selalu menjadi mayoritas. Media hanya mempertimbangkan minoritas pengunjuk rasa," imbuh pria asal Prancis tersebut.

2 dari 2

Bermula dari Menolak ESL

Pangkal dari segala protes yang dilakukan fans Inggris bisa dirunut dari deklarasi European Super League [ESL]. Ada resistensi yang kuat di balik keputusan enam klub Inggris bergabung dengan ESL.

Belakangan, protes penolakan ESL berkembang dengan isu yang lebih luas. Fans United tidak lagi berkenan klub berada di bawah kendali Keluarga Glazer. Sedangkan, fans Arsenal ingin rezim Kronkoe segera berakhir.

"Saya akan mengatakan sebagai penggemar sepak bola saya menentang proyek Super League karena mengabaikan apa yang membuat sepak bola hebat," kata Wenger.

Sumber: beIN Sports via Manchester Evening News