FOLLOW US:


Badai Cedera Mendera, Bagaimana Formasi Manchester United Saat Lawan Leicester?

14-09-2019 17:02

 | Afdholud Dzikry

Badai Cedera Mendera, Bagaimana Formasi Manchester United Saat Lawan Leicester?
Selebrasi pemain Manchester United ketika di ICC 2019. © AP Photo

Bola.net - Manchester United tak bisa memainkan beberapa nama pemain utamanya ketika kedatangan Leicester City. Pertandingan lanjutan Premier League tersebut akan digelar di Old Trafford, Sabtu (14/9/2019) malam nanti WIB.

Bermain di depan pendukung sendiri, tak ada pilihan lain bagi pasukan Ole Gunnar Solskjaer selain meraih tiga poin. Apalagi di tiga pertandingan sebelumnya mereka selalu gagal meraih poin penuh.

Setelah bermain imbang 1-1 melawan Wolverhampton, The Red Devils secara mengejutkan dipermalukan Crystal Palace dengan skor 1-2 di depan pendukung sendiri sebelum kembali bermain imbang 1-1 melawan Southampton. Melihat catatan itu, kemenangan adalah wajar menjadi target Setan Merah.

Namun upaya Manchester United untuk mendapatkan poin penuh pada laga yang disiarkan oleh TVRI tersebut tak akan mudah. Pasalnya, Leicester tengah berada dalam tren positif di awal musim ini dan MU tengah dilanda badai cedera.

1 dari 6

Manchester United Dilanda Badai Cedera

Pelatih Ole Gunnar Solskjaer akan pusing meramu formasi terbaik untuk melawan Leicester City. Ada enam pemain yang kini tengah berada dalam pengawasan tim medis klub, yakni Paul Pogba, Anthony Martial, Luke Shaw, Diogo Dalot, Eric Bailly, dan Jesse Lingard.

Bahkan daftar itu bisa bertambah karena Aaron Wan-Bissaka sebelumnya juga mengalami cedera saat membela timnas Inggris. Namun kabarnya, bek kanan tersebut sudah berlatih dan masuk dalam skuad yang disiapkan Solskjaer pada laga nanti.

"Ruang medis tengah sibuk. Jadi kami tak benar-benar tahu siapa yang bakal siap," ungkap Solskjaer.

"Leicester selalu merupakan lawan yang tangguh, sebagai sebuah tim, sebuah klub yang mengincar empat besar, mereka memiliki para pemain bagus, pelatih bagus yang sudah terbukti top. Tim Brendan Rodgers selalu memainkan sepak bola dan kami perlu bermain bagus untuk meraih tiga poin," tandasnya.

Berikut skuad yang disiapkan Manchester United untuk melawan Leicester: David de Gea, Sergio Romero, Lee Grant, Aaron Wan-Bissaka, Victor Lindelof, Harry Maguire, Axel Tuanzebe, Phil Jones, Ashley Young, Scott McTominay, Nemanja Matic, Andreas Pereira, Fred, Juan Mata, Angel Gomes, Tahith Chong, Mason Greenwood, Marcus Rashford, Daniel James.

2 dari 6

Bagaimana Formasi Manchester United?

Dengan banyaknya pemain yang mengalami cedera, pertanyaan pun bermunculan mengenai formasi dan starting XI seperti apa yang bakal disiapkan oleh Solskjaer pada laga nanti.

Tanpa Pogba dan Lingard yang selama ini merupakan pilihan utama Solskjaer. Nama Fred pun dikumandangkan untuk menjadi solusi permasalah di lini tengah Manchester United. Fred bisa berduet dengan Simon McTominay sebagai jangkar, sementara Juan Mata bisa menggantikan Jesse Lingard sebagai playmaker. Sedangkan Mason Greenwood dan Daniel James bisa bermain melebar untuk membantu Marcus Rashford yang diplot sebagai penyerang tengah.

Prediksi Formasi Manchester United (c) bolanet
Prediksi Formasi Manchester United (c) bolanet

Untuk empat bek, dengan cederanya Luke Shaw maka Ashley Young bakal menjadi pilihan utama Solskjaer ditemani Victor Lindelof, Harry Maguire, dan Aaron Wan-Bissaka yang dikabarkan sudah siap dimainkan setelah sempat cedera.

3 dari 6

Juan Mata sebagai Sayap Kanan

Kehilangan Pogba akan membuat Manchester United kehilangan seorang pemain yang punya kemampuan sebagai pengatur serangan dan juga lihai dalam bertahan. Namun tanpa Pogba, Solskjaer bisa berkreasi untuk menemukan solusi di lini tengah.

Ada nama Andreas Pereira yang bisa diandalkan sebagai satu di antara tiga gelandang yang bisa dimainkan Solskjaer. Gelandang asal Brasil tersebut bisa bertandem dengan McTominay dan juga Fred. Bila Solskjaer ingin kedalaman timnya terus terjaga, nama Nemanja Matic juga bisa diandalkan.

Prediksi formasi Manchester United saat lawan Leicester. (c) bolanet
Prediksi formasi Manchester United saat lawan Leicester. (c) bolanet

Sementara untuk solusi di sisi kreativitas, nama Juan Mata bisa diandalkan. Bila Solskjaer memainkan formasi 4-3-3, maka Mata bisa menyisir sisi kanan dan menggunakan kaki kiri untuk membuka ruang dan mengirim umpan-umpan teroboson ke pertahanan lawan.

4 dari 6

Duet Matic-McTominay

Sosok Nemanja Matic di empat pertandingan awal Manchester United di Premier League masih belum mendapat kepercayaan. Namun seiring cederanya Pogba, mantan gelandang Chelsea tersebut bisa mendapatkan berkah.

Bila Solskjaer mencari pemain yang mampu menjaga kedalaman lebih dan bisa mengantisipasi serangan balik cepat Leicester, maka Matic bisa jadi pilihan. Gelandang Serbia tersebut bisa berduet dengan McTominay di pos gelandang bertahan, dan memainkan Mata sebagai pemain nomor 10.

Prediksi formasi Manchester United (c) bolanet
Prediksi formasi Manchester United (c) bolanet

Sementara di lini belakang, empat nama Ashley Young, Harry Maguire, Victor Lindelof, Aaron Wan-Bissaka akan tetap menjadi andalan untuk menjadi tembok kokoh di depan David de Gea.

5 dari 6

Memainkan 4-4-1-1

Salah satu berkah yang bisa dimiliki oleh Solskjaer dengan adanya badai cedera jelang melawan Leicester adalah potensi mengubah formasi. Bila selama ini Solskjaer memainkan tiga pemain depan, maka formasi 4-4-1-1 bisa juga jadi pilihan dengan ketersediaan pemain saat ini.

Daniel James bisa bermain sebagai winger kiri, sementara di sisi kanan nama Andreas Pereira bisa jadi pilihan. Seperti peran yang ia mainkan saat MU mengalahkan Chelsea, di mana saat itu Pereira menyisir sisi kanan Setan Merah.

Perkiraan formasi Manchester United. (c) bolanet
Perkiraan formasi Manchester United. (c) bolanet

Duet gelandang tengah bisa dipercayakan kepada Nemanja Matic atau Fred bersama Simon McTominay. Sementara Juan Mata akan bermain tepat di belakan Rashford sebagai second striker.

Bagaimana Boleneters, menurut kalian bagaimana formasi yang bisa diterapkan Manchester United ketika menghadapi Leicester City malam nanti? Tuliskan pendapat kalian di kolom komentar di bawah ini ya.

6 dari 6

Berita Video Manchester United

Berita video hasil Premier League 2019-2020 pekan ke-4. Manchester United ditahan Southampton 1-1, Liverpool menang Besar 3-0 atas Burnley.