FOLLOW US:


Bagaimana Hakim Ziyech Bisa Masuk Dalam Starting XI Chelsea Musim Depan?

17-02-2020 12:48

 | Afdholud Dzikry

Bagaimana Hakim Ziyech Bisa Masuk Dalam Starting XI Chelsea Musim Depan?
Hakim Ziyech © AP Photo

Bola.net - Musim 2019-2020 belum berakhir, namun Chelsea sudah mempersiapkan tim sejak awal sekarang seiring kepastian transfer Hakim Ziyech dari Ajax Amsterdam.

Pemain 26 tahun tersebut memutuskan menerima pinangan Chelsea dengan biaya 45 juta euro, atau sekitar 37,8 juta poundsterling. Ziyech sendiri baru akan bergabung dengan skuad Chelsea pada musim panas mendatang.

Performa Ziyech bersama Ajax Amsterdam musim lalu memang telah mengundang banyak minat dari banyak klub besar Eropa. Selain membawa Ajax mencapai semifinal Liga Champions, pemain asal Maroko tersebut juga sukses membuat 21 gol dan 16 assist musim lalu di semua kompetisi.

Performa apik itu juga masih berlanjut musim ini. Sejauh ini, Ziyech telah membuat 8 gol dan 18 assist di semua kompetisi. Catatan yang jelas membuat kedatangan Ziyech ke Stamford Bridge dipenuhi banyak senyum dan harapan.

Namun, bagaimana formasi yang bisa dimainkan Frank Lampard bersama Chelsea musim depan andai Hakim Ziyech merupakan satu-satunya tambahan dalam skuad The Blues? Simak selengkapnya di bawah ini.

1 dari 5

Formasi 4-3-3 dengan Ziyech di Sisi Kanan

Formasi 4-3-3 dengan Ziyech sebagai sayap kanan penyerangan. (c) Standard
Formasi 4-3-3 dengan Ziyech sebagai sayap kanan penyerangan. (c) Standard

Ini tampaknya menjadi formasi yang paling mungkin bahwa Ziyech bisa dimasukkan ke dalam formasi Frank Lampard. Formasi ini juga yang paling banyak dimainkan musim ini.

Dalam formasi ini, Ziyech tak membutuhkan banyak adaptasi mengingat peran sebagai penyerang kanan juga ia mainkan di Ajax. Di Ajax, Ziyech berada di sisi kanan penyerangan bersama dua pemain lain di posisi berbeda, Dusan Tadic dan David Neres.

Dalam formasi ini, kehadiran Ziyech bisa membuat William tersingkir dari starting XI dengan Callum Hudson-Odoi bermain di sisi kiri. Winger Amerika Serikat, Christian Pulisic juga bisa menjadi penghangat cadangan dengan kedatangan Ziyech.

2 dari 5

Formasi 3-4-3 dalam Sistem Tiga Bek

Formasi 3-4-3 dengan Ziyech didukung Reece James di sisi luar lapangan. (c) Standard
Formasi 3-4-3 dengan Ziyech didukung Reece James di sisi luar lapangan. (c) Standard

Dalam formasi ini, Ziyech bisa melakukan banyak pergerakan merangsek ke pertahanan dalam formasi tiga penyerang. Di belakang Ziyech, ada wing back yang bisa mendukung dan menutup ruang yang ditinggalkan Ziyech.

Dengan sistem permainan seperti itu, Chelsea bisa memiliki keuntungan dalam melakukan serangan yang memanfaatkan lebar lapangan. Pasalnya, Ziyech dan Reece James memiliki kemampuan mengirim umpan silang yang bisa dimanfaatkan oleh Tammy Abraham sebagai ujung tombak.

3 dari 5

Ziyech Sebagai Pemain No.10 dalam Formasi 4-2-3-1

Ziyech memainkan peran pemain nomor 10. (c) Standard
Ziyech memainkan peran pemain nomor 10. (c) Standard

Frank Lampard dalam beberapa kesempatan mengatakan bahwa ia butuh seorang pemain yang mampu menjadi sumber kreatifitas permainan ketika menghadapi tim papan bawah di Stamford Bridge.

Ketidakmampuan Chelsea untuk membongkar pertahanan tim yang menumpuk banyak pemain di belakang telah banyak membuat mereka kehilangan poin. Dan kehadiran Ziyech dengan peran pemain nomor 10 diharapkan bisa menjadi kunci membongkar pertahanan lawan.

Bila Ziyech bermain dengan peran sebagai playmaker, artinya Hudson-Odoi dan Willian bisa bermain sebagai pemain sayap di kedua sisi.

Namun, kurangnya Ziyech dalam hal defensif bisa menjadi kendala Lampard bila ingin bermain dengan sistem ini. Ada kemungkinan Lampard bisa memainkan sistem ini bila ia yakin timnya akan menguasai lebih banyak bola.

4 dari 5

Formasi 4-3-3 dengan Ziyech Sebagai Winger Kiri

Ziyech memainkan peran sebagai winger kiri. (c) bolanet
Ziyech memainkan peran sebagai winger kiri. (c) bolanet

Dahulu, pemain dominan kaki kiri selalu dimainkan sebagai winger kiri. Harapannya, ia bisa menarik bek lawan hingga keluar dari areanya sebelum melepaskan umpan ke kotak penalti.

Di sepak bola modern, itu berubah. Pemain kidal tak melulu ditempatkan di posisi kiri. Biasanya pemain kidal ditempatkan bergantian di kiri dan juga di kanan untuk memberikan lebih banyak ancaman. Salah satunya lewat tembakan-tembakan dari luar kotak penalti.

Nah, dengan keberadaan Ziyech, Lampard bisa memaksimalkan potensi Ziyech bila ingin mengubah jalannya permainan dengan lebih banyak memanfaatkan lebar lapangan. Mengubah posisi Ziyech bisa menjadi solusi andai permainan The Blues tak berjalan sesuai harapan.

5 dari 5

Formasi 4-3-3 dengan Ziyech Sebagai Gelandang Tengah

Hakim Ziyech memainkan peran sebagai gelandang tengah. (c) Bolanet
Hakim Ziyech memainkan peran sebagai gelandang tengah. (c) Bolanet

Ziyech tentu saja merupakan pilihan yang bagus dalam lini serang The Blues. Namun ia juga memiliki kemampuan untuk pindah ke peran sebagai gelandang tengah juga.

Posisi ini juga sudah ia mainkan dalam beberapa kesempatan bersama Ajax musim ini di Eredisive. Dengan peran tersebut, Ziyech memiliki kesempatan untuk melakukan salah satu spesialisasinya, melepas tembakan jarak jauh.

Namun ada salah satu kelemahan yang harus ditemukan solusinya oleh Lampard, yakni kurangnya Ziyech dalam melakukan track back atau mundur kembali ketika tim diserang.