FOLLOW US:


Bisakah Guardiola Lakukan Apa yang Klopp Kerjakan di Liverpool?

29-06-2020 19:45

 | Dimas Ardi Prasetya

Bisakah Guardiola Lakukan Apa yang Klopp Kerjakan di Liverpool?
Jurgen Klopp dan Josep Guardiola. © AP

Bola.net - Josep Guardiola memang hebat, akan tetapi Stan Collymore meyakini manajer Manchester City itu tak akan bisa melakukan apa yang sudah Jurgen Klopp kerjakan di Liverpool.

Klopp butuh waktu sekitar lima tahun untuk bisa menngubah Liverpool jadi tim yang kuat. Ia merombak tim asal Merseyside tersebut secara bertahap.

Ia membongkar pasang timnya selangkah demi selangkah. Klopp akan mencari pemain yang benar-benar sesuai dengan timnya. Ia tak mau asal beli.

Semua pembelian dilakukan dengan penuh perhitungan. Akan tetapi ia juga akan berusaha mengoptimalkan pemain yang ada, termasuk para pemain dari tim akademi.

Kini hasilnya terlihat brilian. Liverpool berhasil meraih empat trofi juara dalam dua musim terakhir, termasuk trofi juara Premier League perdana dalam sejarah klub.

1 dari 3

Pujian untuk Klopp

Hasil kerja Jurgen Klopp ini mendapatkan pujian dari Stan Collymore. Ia terkesan dengan caranya memoles para pemain hingga mampu mengeluarkan kemampuan terbaikya.

“Apa yang telah dilakukan Klopp dalam waktu singkat di Liverpool sungguh luar biasa," serunya pada Mirror.

“Dalam diri pemain seperti Mo Salah, Bobby Firmino dan Sadio Mane, ia telah mengubah pemain kelas dunia menjadi mesin absolut, dan di Virgil van Dijk Anda berbicara tentang bek tengah terbaik di dunia," tuturnya.

“Ia telah mengubah Trent Alexander-Arnold dan Andy Robertson - seorang anak lokal dan satu perekrutan senilai delapan juta pounds - menjadi bek sayap terbaik di dunia," seru Collmore.

2 dari 3

Mengakhiri Mimpi Buruk Fans

Stan Collymore menambahkan, selama tiga dekade terakhir, banyak fans Liverpool yang mengalami mimpi buruk. Mereka telah melihat timnya dalam kondisi terpuruk dan kesulitan mendatangkan pemain berkelas.

Alhasil mereka cuma bisa membeli pemain ala kadarnya. Namun berkat Jurgen Klopp, para fans tak lagi mengalami mimpi buruk tersebut.

"Ada saat-saat penggemar Liverpool merasa kasihan pada diri mereka sendiri, saat-saat ketika alasan dibuat tentang mengapa mereka tidak memenangkan gelar, saat-saat ketika jual beli pemain begitu buruk," serunya.

“Ada saat-saat ketika Anda melihat beberapa tim Liverpool dan berpikir, 'Apakah mereka akan kembali ke posisi untuk bersaing lagi?' Klopp telah mengakhiri semua itu," koar Collymore.

3 dari 3

Tak Bisa Ditiru Josep Guardiola

Josep Guardiola merupakan salah satu manajer terbaik di dunia. Ia telah membuktikan kelasnya di Barcelona, Bayern Muncneh, dan tentu saja di Manchester City.

Akan tetapi, sehebat-hebatnya Guardiola, Stan Collymore mengklaim manajer asal Spanyol itu tak akan bisa meniru hasil kerja Jurgen Klopp di Liverpool.

"Saya tidak yakin Guardiola bisa melakukan apa yang telah dilakukan Klopp jika semuanya terjadi sebaliknya," cetusnya.

“Saya masih ingin melepas topi saya ke Guardiola dan City karena itu merupakan upaya yang luar biasa hebat dari mereka lagi musim ini."

“Mereka telah menjadi musuh yang mengagumkan dan tidak mudah untuk bersaing lagi setelah kemenangan gelar berturut-turut di mana Anda telah mengumpulkan 100 dan kemudian 98 poin. Tetapi pemenang mendapatkan segalanya dan kali ini yang layak mendapatkannya adalah Livepool," pungkas Collymore.

Liverpool telah memastikan mengunci gelar juara Premier League dengan tujuh laga tersisa. Kini Jurgen Klopp akan berduel melawan Josep Guardiola kala The Reds bertandang ke markas Manchester City di matchday 32 Premier League.

(Mirror)