FOLLOW US:


Bos Salzburg Dukung Haaland Gabung Liverpool, Apa Alasannya?

28-05-2020 20:17

 | Dimas Ardi Prasetya

Bos Salzburg Dukung Haaland Gabung Liverpool, Apa Alasannya?
Striker Borussia Dortmund, Erling Braut Haaland © AP Photo

Bola.net - Pelatih RB Salzburg Jesse Marsch menilai Erling Braut Haaland sebagai talenta yang spesial dan menyebutnya akan sangat cocok bermain bagi Liverpool.

Nama Haaland mulai menarik perhatian pada musim 2019-20. Ia tampil menggila bersama Salzburg.

Tak cuma di di liga Austria, ia juga tampil edan di Liga Champions. Banyak klub besar Eropa yang kemudian berebut mendapatkan tanda tangannya.

Akan tetapi pada akhirnya klub yang beruntung merekrutnya pada Januari 2020 kemarin adalah Borussia Dortmund. Dan hebatnya lagi setelah pindah ke Jerman, Haaland tak butuh waktu lama untuk beradaptasi.

Ia langsung mencetak gol demi gol bagi Dortmund. Sejauh ini ia telah mengemas 10 gol dari 11 laga di pentas Bundesliga.

1 dari 2

Talenta Spesial

Jesse Marsch tentu sangat mengenal talenta Erling Braut Haaland. Ia tak ragu melabeli pemain berusia 19 tahun itu sebagai talenta yang spesial.

Akan tetapi pelatih asal Amerika ini juga mengatakan Haaland belum mengeluarkan semua potensinya. Ia yakin di masa depan, striker Norwegia ini akan menjelma jadi salah satu pemain terbaik di dunia.

“Ia adalah bakat yang sangat istimewa dan ketika Anda melihat kecepatannya, ledakannya, ukurannya, kekuatannya, kemampuan teknisnya, penyelesaiannya, ia akan segera berada di eselon atas pemain di dunia," cetusnya pada podcast Blood Red.

“Tetapi ketika Anda juga mempertimbangkan kecerdasan taktisnya, motivasinya, disiplinnya, keinginannya untuk meningkat dan tumbuh, maka kombinasi itu berarti Anda memiliki sesuatu yang sangat unik," serunya.

“Kita hanya menggaruk potensi Erling di permukaan saja. Ia akan terus tampil baik di Dortmund dan saya tidak yakin berapa lama ia akan berada di sana sebelum waktunya untuk mengambil langkah berikutnya, tetapi ia memiliki potensi untuk menjadi salah satu pemain terbaik di dunia, tidak diragukan lagi," klaimnya.

2 dari 2

Cocok Bagi Liverpool

Cocok Bagi Liverpool
Jesse Marsch © AP Photo

Meski baru dibeli oleh Borussia Dortmund dan terikat kontrak di sana sampai tahun 2024, hal tersebut tidak membuat klub lain berhenti mengejarnya. Ia disebut ingin didatangkan Real Madrid musim depan.

Selain itu ia juga dikaitkan dengan Liverpool. Jesse Marsch pun mendukungnya pindah ke tim asuhan Jurgen Klopp tersebut karena ia akan cocok dengan taktik yang mereka mainkan.

“Ini pemain lain yang akan sangat beruntung dimiliki Liverpool," ujar Marsch.

“Itu tidak akan murah, tetapi ia menyukai gaya permainan yang eksplosif dan berada di ruang terbuka, berlari di belakang pertahanan dan menjadi agresif," terangnya.

“Hanya secara teori, itu sesuai dengan cara Liverpool bermain. Ia akan sangat cocok [bagi mereka]," klaimnya.

Erling Braut Haaland sendiri diyakini akan mengikuti jejak ayahnya, Alf Inge Haaland, untuk bermain di Inggris. Ayahnya dulu pernah bermain di Leeds United dan Manchester City.

(blood red/liverpool echo)